EFEKTIVITAS PELAYANAN DAN PENGAWASAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK

Pedrito dos Santos dos Santos, Andy Fefta Wijaya, Hermawan .

Abstract

Dalam proses rekonstruksi di segala bidang, negara Timor Leste membutuhkan banyak perubahan pembangunan baik dalam bidang pemerintahan maupun bidang-bidang lainnya seperti mendirikan beberapa kementerian serta jajaran birokrasinya dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada warga negaranya. Hasil penelitian dan analisa data dalam penelitian ini, maka diambil beberapa kesimpulan seperti:1) sistem pelayanan yang sentralistik tidak mencerminkan sistem pelayanan yang baik, merata, adil, efektif dan efisien sebagaimana yang diharapkan masyarakat, 2) proses pengawasan yang dilakukan kantor Direktorat Jenderal (DITJEN) Pajak Timor Leste sudah berjalan baik namun belum maksimal, 3) pimpinan kantor Direktorat Jenderal (DITJEN) Pajak Timor Leste sangat jarang melakukan evaluasi terhadap kinerja kerja pegawai sehingga pemimpin kurang mengetahui sejauhmana pencapaian pegawai dalam pelaksanakan tugas dan tanggung jawab, 4) untuk menciptakan administrasi perpajakan yang baik dan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat diperlukan sistem administrasi, fungsi dan organisasi kelembagaan yang baik, didukung kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang professional.

Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Pengawasan dan Peneriman Pajak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.