STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM UPAYA PENGUATAN MODAL USAHA DI TIMOR LESTE

Juvenal Alves, Mardiyono ., M. Saleh Soeaidy

Abstract

Strategi Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah oleh Institut Pembinaan Pengembangan Kewirausahaan (Instituto de Apoio ao Desenvolviment Empresarial, IADE) di Timor Leste adalah memberikan pelayanan pelatihan, pendampingan, dan promosi, dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan kewirausahaan, serta usaha mikro kecil dan menengah di Timor Leste. Namun fakta empiris menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat produktivitas, rendahnya nilai tambah, rendahnya kualitas produk, rendahnya skill atau ketrampilan yang dimiliki oleh UMKM khususnya manajemen usaha, teknologi dan pemasaran, kurang membaca peluang pasar dengan baik, oleh karena itu pemerintah melalui IADE berperan utama agar memperbaiki hambatan yang dialami oleh pelaku UMKM. Jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriftif dan pendekatan dari metode ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari informan, peristiwa dan dokumen-dokumen. Sedangkan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisa data kualitatif model interaktif (Miles, Huberman dan Saldana 2014, h.33). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Timor Leste khususnya distrik Ermera untuk memperkuat dan meningkatkan usaha-usaha mikro dan kecil di Timor Leste, melalui pengembangan pelatihan dan pendampingan sehinga mereka mampu berdiri sendiri dan tentunya akan berkontribusi kepada pemerintah dalam peningkatan perekonomian nasional.

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan UMKM, Penguatan Modal Usaha.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.