ANALISIS PEMASARAN TANAMAN HIAS DI CV. TUNAS BARU MULYA KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Aloysius Merin

Abstract


Untuk melaksanakan pemasaran tanaman hias yang menguntungkan petani kita masih terbatas pada kemampuan dan manajemennya. Belum lagi kurangnya informasi mengenai pasar, besarnya biaya pemasaran panjangnya rantai pemasaran tanaman hias. Penentuan tempat penelitian dilakukan secara segaja dengan pertimbangan bahwa pertimbangan jarak anatar tempat tinggal yang cukup dekat dengan lokasi penelitian dan berpotensi dalam pengembangan usaha tani tanaman hias. Adapun metode pengambilan contoh yang digunakan yaitu pengambilan contoh secara acak. Sedangkan metode pengumpulan data primer diperoleh dari petani dan pedagang yang terlibat langsung dalam proses produksi dan pemasaran. Biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh petani dalam proses pemasaran tanaman hias di CV. Tunas Baru Mulya adalah biaya transportasi. Penerimaan pemasaran tanaman hias di CV. Tunas Baru Mulya diperoleh dari jumlah total produksi tanaman hias yang dihasilkan dikalikan dengan harga jual yang diterima oleh petani dalam prose pemasaran tanaman hias sedangkan keuntungan pemasaran tanaman hias diperoleh dari total penerimaan dikurangi dengan biaya pemasaran tanaman hias.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.