PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK TANI DALAM PROGRAM PENYULUHAN DI DESA PUJON KIDUL, KECAMATAN PUJON, KABUPATEN MALANG

Agustinus Wilbardus Wukak, Eri Yusnita, Said Masduki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui bagaimana partisipasi anggota kelompoktani dalam program penyuluhan, Faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi anggota kelompoktani dalam program penyuluhan, dan apa saja kendala partisipasi anggota kelompoktani dalam program penyuluhan di Desa Pujonkidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif data yang di butuhkan adalah data primer dan data sekunder melalui wawancara, observasi dan kuisioner. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini mewujutkan partisipasi anggota kelompok tani dalam programa penyuluhan di desa pujon kidul kecamatam pujon kabupaten malang di kategorikan baik. Secara simultan faktor internal dan eksternal berpengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota kelompok tani dalam programa penyuluhan.Kendala anggota kelompok tani dalam programa penyuluhan meliputi pemahaman, pengetahuan dan kurangnya informasi secara lengkap tentang pentingnya programa penyuluhan pertanian.

Keywords


Partisipasi, Kelompok Tani, Penyuluhan, Malang

References


(YST) Yayasan Sinar Tani, 2001. Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Yayasan Sinar Tani

Adisasmita, Rahardjo. 2006. Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Balai Pustaka

Departemen Pertanian, 2006. Undang-undang republik Indonesia no. 16 Tahun2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Jakarta.

Departemen Pertanian, 2007, Peraturan Menteri Pertanian, Nomor:273/Kpts/Ot.160/4/2007 Tanggal 13 April 2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani.

Departemen Pertanian, 2015. Programa Penyuluhan Pertanian KecamatanPujon,BadanKetahananPanganDan Pelaksana Penyuluhan. Malang.

Firmansyah, Saca. 2009. Partsispasi Masyarakat. http://sacafirmansyah.wordpress.com/2009/06/05/partisipasi-masyarakat/ diakses pada tanggal30 oktober 2015.

Herawati dan Pulungan, Ismail. 2006. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kontak Tani Dalam Perencanaan Program Penyuluhan Pertanian (Kasus WKUPPNyalindung, Kabupaten Sulcabumi).

Jurnal Penyuluhan September 2006, vol.2, No.2. Institute Pertanian Bogor. Bogor.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia 2009. (Permentan No.25/Permentan/OT.140/5/2009).Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pertanian No. 82/ Permentan/OT.140/8/2013 tentang PedomanPembinaanKelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta:Kementan RI.

Monique,Sumampouw. (2004). Participant of Sport . London: W.B Saunders Company.

Murtiyanto, Nawa. 2011. Partisipasi Masyarakat Retrieved from http://bagasaskara. wordpress. com on october 30, 2015.

Siti Irene Astuti D. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY.

Soetomo. (2006). Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.