ANALISIS SWOT UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN MODAL USAHA DALAM MEMPERTAHANKAN PROFITABILITAS UMKM DELICIOUS, NACIA & SAS DI KOTA BATU

Rezza Anandha S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang analisis SWOT yaitu dengan Kekuatan (Strengths) Kelemahan (Weakness) Peluang (Opportunities) Ancaman (Threats) yang menjadi tolak ukur sebagai strategi pengembangan modal usaha. Yang nanti memberi solusi untuk mengatasi kendala-kendala di UMKM Delicious, Nacia & SAS dan menggunakan matrik SWOT untuk memformulasikan strateginya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis SWOT yaitu sebuah alat untuk megklarifikasikan posisi UMKM tersebut dan menentukan strategi pengembangan modal untuk mempertahankan profitabilitasnya.
Penelitian ini di lakukan di UMKM Delicious, Nacia & SAS pada bulan januari 2018. Penelitian ini lebih memfokuskan pada strategi mengatasi kendala-kendala dan strategi pengembangan modal usaha nya. Dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis data ini menggunakan Analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kegiatan promosi, menambah jumlah produksi dan menjadikan produk tersebut lebih inovatif dengan menonjolkan keunikan dan kekhasan rasa yang alami,enak & renyah. Dari analisis tersebut kita mengetahui strategi pengembangan bagaimana untuk mempertahankan profitabilitas UMKM tersebut.

Keywords


Strategi, Pengembangan Modal Usaha dan Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Indriyani. 2015. “Analisis Efektivitas Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Princess Diary Acc DiSamarinda” Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 3, Nomor 1, 2015: 104-114.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moekijat. 2000. Kamus Manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freedy. 2006. Measuring Custumer Satisfaction, (Teknik Mengukurdan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan) serta Analisis PLN, JP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Bambang. 1998. Dasar-DasarPembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakara: BPFE

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi.2005.MetodologiPenelitianEkonomi Dan Bisnis.Yogyakarta:UII Press

Susan Irawati. 2006. Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka.

Winarno. 2017. “Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Melalui Analisis Profitabilitas” Jurnal Moneter Vol. IV No. 2 Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.