PENGARUH PEMBERIAN KREDIT DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA PADA KUD KARANGPLOSO (STUDI PADA KUD KARANGPLOSO KAB.MALANG)

Natalia Rita

Abstract


Saat ini kesenjangan ekonomi antara kaya dan miskin masih terjadi dan pemertaan ekonomi belum sepenuhnya menyentuh sampai pelosok desa. Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan dan berprofesi sebagai petani kecil karena lahan yang terbatas dan sempit. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kredit yang diberikan berpengaruh terhadap tingkat pendapatan anggota.
Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode teknik random sampling, yaitu penentuan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode analisis data menggunakan uji kualitas data sedangkan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearlitas, uji heteroskedatisitas dan uji autokorelasi dan melakukan uji regresi linier sederhana dengan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pendapatan anggota, dari uji t diketahui bahwa variabel kredit nilai t hitung > t tabel dengan nilai 10, 697 > 7.999. Sedangkan uji dominan dari nilai beta menunjukan bahwa variabel kredit berpengaruh secara dominan terhadap variabel pendapatan anggota.

Keywords


Kredit dan Pendapatan Anggota

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 1997. Populasi dan Sampel. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikhsan. 2008. Sumber Data dalam Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indrianto dan Supomo. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta: BFEE UGM.

Sumardi. 1985. Jumlah Anggota Keluarga Dapat Meningkatkan Pendapatan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sumardi.1985. Pendapatan. Jakarta: Rajawali

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2016. Skala Likert. Bandung: Alfabet.

Suyatno. 1999. Keadaan Ekonomi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjoekam. 2006. Macam-Macam Kredit. Yogyakarta : BPFE UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.