TINGKAT EFEKTIVITAS PAJAK RESTORAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG

Nadia Reza Arrabiatul Yanuar

Abstract


Pajak Restoran termasuk dalam Pajak Daerah yang merupakan salah satu sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Dalam peningkatan efektivitas penerimaan Pajak Restoran dan Kontribusi yang diberikan restoran dapat memacu pembangunan ekonomi Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pajak restoran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kota Malang. Hasil penelitian adalah tingkat efektivitas pajak restoran di Kota Malang menunjukan hasil yang sangat efektif. Rata-rata tingkat efektivitas penerimaan pajak restoran Kota Malang pada tahun 2014-2016 adalah 126,67% . Kontribusi pajak restoran terhadap PAD Kota Malang pada tahun 2014-2016 berturut-turut sebesar 8,18%, 9,19%, 9,95% dengan rata-rata sebesar 9,11%.
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas pajak restoran cukup tinggi. Namun kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah masih sangat kurang. Untuk itu diperlukan peran Pemerintah Kota Malang dan pihak-pihak yang terkait untuk menggali potensi yang cukup besar pada pajak restoran agar penerimaan pajak restoran dapat meningkat.

Keywords


Pendapatan Asli Daerah, Pajak Restoran, Efektivitas, Kontribusi

Full Text:

PDF

References


Halim, Abdul. 2001. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba Empat.

Halim, Abdul. 2004. Manajemen Keuangan Daerah: Edisi revisi. Yogyakarta: Unit penerbit dan percetakan YKPN

Kurniawan, Panca dan Purwanto Agus.2004. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Malang: Bayumedia.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan .Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. 2013. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Mentari, Dewi dan Rahayu, Sri. 2015. “Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kota Bandung Tahun Anggaran 2009-2013” (SKripsi). Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom.

Puspitasari, Diana Amalia. 2015. “Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Penerimaan Asli Daerah Kota Bontang Tahun 2012-2014” (Skripsi) Bontang: Universitas Negeri Surabaya.

Putra, Anggri Perdana. 2016. “Analisis Efektivitas Serta Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Kota Padang, Kota Bukittinggi, Dan Kota Pariaman)” (Skripsi). Padang: Universitas Andalas.

Siahaan, MarihotPahala. 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.