PERANAN PENDAPATAN DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN

Petrus Valentino Yoseph Seran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Peranan dari pendapatan dan biaya operasional terhadap pajak penghasilan badan. Tempat untuk melakukan penelitian tersebut adalah pada toko plastik seruni star yang berlokasi di Kota batu malang jawa timur. Dalam penelitian ini, peneliti meggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rasio keuangan sebagai alat penguji datanya. Karena hasil penelitian didesain berupa data-data penjelasan menggunakan kata atau gambar dan memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, serta berakhir dengan suatu teori dalam pelaksanaannya dengan pengkajian data deskriptif yang akan dituangkan dalam bentuk laporan atau uraian.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada peranan yang signifikan antara pendapatan dan biaya operasioal toko seruni star terhadap pajak peghasilan badan yang dilihat dari perubahan laba sebelum membayar pajak dan sesudah membayar pajak. Laba sebelum pajak dihasilkan antara pendapatan dikurangi harga pokok produksi dan biaya operasional. Tingkat pendapatan apabila diikuti dengan biaya operasional yang besar dapat menurunkan laba yang selanjutnya menurunkan jumlah pajak terutang.Besarnya pendapatan dari toko seruni star apabila diikuti dengan efisiensi biaya operasional dapat meningkatkan laba. Laba bruto atau pendapatan setelah di kurangi harga pokok pejualan merupakan salah satu objek pajak, sehingga besarnya laba usaha akan mempengaruhi pajak penghasilan badan.

Keywords


Pendapatan, Biaya Operasional, Pajak Penghasilan Badan

Full Text:

PDF

References


Adiningsih. 2005. Pemikiran dan Permasalahan Enonomi Di Indonesia Dalam Setengah Abad Terakhir. Yogyakarta: KANISIUS (AnggotaIKAPI).

Ahmad. 2008. Profitability Analysis:An Exploratory Study. New Delhi: Atlantic Publishers and Distributors.

Charter, William K. 2012. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Horne, James C. Van., Wachowicz, J.M. 2013. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kuswadi. 2006. Memahami Rasio-Rasio Keuangan Bagi Orang Awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muljono, D. Dan Wicaksono B. 2009. Akuntansi Pajak Lanjutan. Yogyakarta: Andi.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rudianto. 2006. Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Yogyakarta: Grasindo.

Sudarmanto,R.Gunawan.2005. Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi Dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zulganef. 2008. MetodePenelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.