STRATEGI PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR TRADISIONAL UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI KASUS DI KOTA MALANG)

Yulita Yulita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji teori-teori up to date di bidang akuntansi perpajakan khususnya keilmuan retribusi pasar tradisional untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. 2) mengeksplorasi langkah strategis pemerintah kota Malang selama ini dalam pengelolaan retribusi pasar tradisional untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta membuat sebuah model strategi baru yang yang efektif untuk meningkatkan retribusi pasar sebagai stimulus pendapatan asli daerah kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dengan cara mengumpulkan kajian literature tentang retribusi pasar dan PAD, kemudian mengkompariskan dengan kondisi nyata di lapangan.
Teknik analisis yang digunakan adalah dengan literature study dan SWOT Analysis. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Terjadinya sebuah fenomena baru dalam keilmuan akuntansi perpajakan khususnya kajian retribusi pasar sebagai faktor penting dari peningkatan asli daerah kota malang. Secara teoritis banyak teori yang mengkaji peranan retribusi pasar namun belum dikaji lebih mendalam tentang strategi yang efektif dalam sebuah model yang dituangkan melalui peraturan daerah dengan cara pelaporan retribusi pasar beserta informasi prodak-prodak yang dijual terpampang secara online di website Pemkot Malang khusunya dinas pendapatan Daerah. Inovasi keilmuan tersebut untuk memperkuat basis peningkatan PAD kota Malang dan didukung dengan adanya rewards and punishments (hadiah dan hukuman) bagi para pedagang pasar seharusnya membayar retribusi tepat waktu kepada pengelola pasar baik berupa sewa tempat maupun retribusi lainya misalnya kebersihan dan keamanan.

Keywords


Strategi, Retribusi Pasar, Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Arizaldy. 2009. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penerimaan Retribusi Pasar di Kota Yogyakarta” (Skripsi). Universitas Diponegoro, Semarang.

Bastian, Indra. 2002. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Caroline. 2005. “Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Pasar di Kota Salatiga” (Tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Abdul. 2009. Akuntansi Sector Public: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Selamba Empat.

Purnamasari, Gesit. 2006. “Analisis Penerimaan Retribusi Pasar Dalam Upaya Meningkatkan PAD di Kabupaten Temanggun” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri.

Purnamasari, Gesit. 2006. “Analisis Penerimaan Retribusi Pasar dalam Upaya Meningkatkan PAD di Kabupaten Temanggung” (Skripsi). Semarang: Universitas Dipo negoro.

Ristrama, Dika. 2009. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Semarang” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Sudaryo, Syarif Sofianti. 2017. Keuangan dan Otonomi Daerah. Yogyarkat: Andi.

Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Wisnu, Arjanggi. 2011. “Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Pasar di Kabupaten Demak” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Yuliningsih, Tatik. 2002. “Analisis Efektivitas Pemungutan Retribusi Pasar Kabupaten Purbalingga” (Skripsi). Semarang: Universita Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.