ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PIA KACANG HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ PADA USAHA KECIL MENENGAH BAKPIA TULIP DESA SELOREJO KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Kalista Lili

Abstract


Sistem pengendalian persediaan bahan baku berperan penting dalam merencanakan kebutuhan produksi. Persediaan bahan baku yang cukup akan akan melancarkan proses produksi sehingga usaha mengalami keuntungan, salah satu perhitungan persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi manajemen pengendalian persedian bahan baku, menghitung jumlah pesanan dan biaya persediaan bahan baku berdasarkan metode EOQ (Economic Order Quantity) pada UMKM Bakpia Tulip. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan 1 bulan pada UMKM Bakpia Tulip.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah analisis EOQ. Hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen pengendalian persedian bahan baku UMKM dinyatakan baik karena kebutuhan bahan baku stabilitas dan perhitungan jumlah pesanan dan biaya persediaan bahan baku berdasarkan metode EOQ dinyatakan sudah baik karena biaya persediaan bahan baku yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan jumlah pesanan produk di pasaran. Berdasarkan hasil penelitian maka UMKM perlu menghitung persediaan bahan baku menggunakan metode EOQ agar dapat membantu usaha menentukan kuantitas pesanan optimal dan periode pesanan.

Keywords


Sistem Pengendalian Persediaan Bahan Baku, Metode EOQ, Usaha Kecil Menengah

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 2012. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFE-UI.

Muzaki, Muhammad. 2012. “Optimalisasi Keuntungan pada perusahaan Keripik Balado Mahkota Dengan Menggunan Metode Simpleks” Jurnal Matematika Unand Vol. 1 No. 1 Oktober 2012 ISSn : 2303-2910.

Prawirosentono. 2005. Riset Operasi Dan Ekonofisika. Jakarta: Bumi Aksara.

Tambunan, Tulus. 2009. UMKM Di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

http://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA. Diakses 25 Oktober 2017 Pukul 23:50 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.