EVALUASI PELAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH BERDASARKAN SAK ETAP PADA TOKO CANTIQUE BAKERY AND PASTRY DI KOTA MALANG

Sri Yuniarti

Abstract


Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha. Aktivitas usaha yang dilakukan oleh usaha kecil dan menengah memerlukan sebuah laporan keuangan yang mencerminkan kegiatan usaha yang dilakukan selama satu periode. Laporan keuangan ini dibuat untuk menghasilkan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja dan arus kas suatu entitas, yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan ekonomi oleh berbagai pengguna yang luas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencatatan kegiatan usaha yang dilakukan Usaha Kecil dan Menengah berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian UKM Cantique Bakery and Pastry di Kota Malang, Jawa Timur. Metode pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kecil dan menengah belum melakukan pencatatan atas kegiatan usaha sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu yang dimiliki oleh pemilik UKM dalam membuat pencatatan atas kegiatan usaha yang dijalankan, selain itu kurangnya kesadaran pemilik UKM akan kebermanfaatan laporan keuangan juga menjadi penyebab tidak dilakukan pencatatan atas kegiatan usaha UKM. Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK ETAP sebagai referensi untuk UKM dalam menyusun Laporan Keuangan di waktu yang akan datang/masa depan.

Keywords


Usaha Kecil dan Menengah, Laporan Keuangan, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik

Full Text:

PDF

References


Anonymous. 2008. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Sekertariat Negara Republik Indonesia.

Anonymous. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Jakarta: Kementrian Sekertaris Negara.

Amanah, S. 2014. “Analisis Penerapan Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah Binaan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lima Puluh Kota” (Skripsi). Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Armando, Z. R. 2014. “Eksplorasi dan Remodelling Akuntansi pada Usaha Mikro dan Kecil” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya, Malang.

Creswell, J. W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ediraras, D. T. 2011. “Akuntansi dan Kinerja UKM” (Skripsi). Jakarta: Universitas Gunadarma.

Harahap, Y. R. 2014. “Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Yang Dimiliki Pelaku UKM Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis , Vol 14 No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.