EVALUASI KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO KEUANGAN PADA KUD KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Abdias Biliarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan Koperasi Unit Desa Karangploso selama tahun 2014-2016 dengan menggunakan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas periode tahun kerja 2014-2016 berupa laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakann analisis rasio keuangan dan yang menjadi standar penilaian kinerja berpedoman pada Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 06/Per/M.KUKM/V/2006. Hasil penelitian menunjukkan koperasi mengalami tingkat liquid yang sangat tinggi namun insovable dengan tingkat proftabilitas yang sangat rendah. Hal tersebut terjadi karena tingginya nilai penjualan setiap tahun yang tidak diimbangi dengan receivable turn over yang sangat rendah sehingga menyebabkan net profit margin menurun setiap tahun.

Keywords


Kinerja Keuangan, Liquid, Insovable, Receivable Turn Over, Net Profit Margin

Full Text:

PDF

References


Bungin, H.M. Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan Panduan Bagi Akademisi, Manajer, Dan Investor Untuk Menilai Dan Menganalisis Bisnis Dari aspek Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sulistyawati, Ni Luh Ayuasri. 2017. “Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Nusa Abadi Singaraja Tahun 2013-2015 Dengan Menggunakan Peraturan Menteri Negara Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 14/Per/M.KUKM/XII/2009” e-Journal Vol.7 Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiyanti, Ninik. 2004. Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.