PENGARUH MODAL DAN KEMITRAAN TERHADAP LABA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS DI UMKM KELURAHAN TLOGOMAS, KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG)

Paulina Tamo Ina

Abstract


Modal kerja mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pengukuran tingkat keberhasilan usaha, karena dengan pengelolaan yang baik dapat meningkatkan pendapatan. Kemitraan merupakan kerjasama antara pemasok sehingga kegiatan usaha menjadi lancar. Tujuan penelitian ini untuk pengaruh modal dan kemitraan terhadap laba usaha UMKM di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang secara parsial dan simultan.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode pruposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 30 pelaku UMKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa modal berpengaruh signifikan dan positif terhadap laba usaha sebesar (4,806), kemitraan berpengaruh signifikan dan positif terhadap laba usaha sebesar (3,894). Hasil uji simultan membuktikan bahwa secara bersama-sama modal dan kemitraan berpengaruh signifikan terhadap laba usaha. Adapun yang perlu dilakukan pelaku UMKM dengan merincikan penggunaan modal kerja sesuai dengan kebutuhan produksi dan memproduksi produk berkualitas sehingga konsumen tertarik membeli produk secara berulang-ulang.

Keywords


Kemitraan, Laba Usaha, Modal, UMKM

Full Text:

PDF

References


Bappenas. 2004. Laporan Perkembangan Pencapaian Tujuan. Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals). Jakarta : Bappenas UNDP.

Barzelay dan Kusaini. 2006. Otonomi Daerah. Yogyakarta : Gajah Mada.

Candoro. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengrajin Batik Kayu (Studi Kasus pada Sentra Industri Kerajinan Batik Kayu Didusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013)” Jurnal Ilmu Ekonomi. Diakses di e-journal.uajy.ac.id/4851/

Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Jakarta: Erlangga.

Yustika. 2003. Perspektif Baru Pembangunan Indonesia: Catatan Kritis terhadap Isu-Isu Aktual. Malang: Brawijaya University Press and P3BE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.