PENGARUH MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Febriana Nela Labina

Abstract


Pajak untuk negara membantu untuk mendukung kegiatan pengelolaan negara, di mana pajak digunakan untuk mendukung pembiayaan sektor-sektor utama bagi negara. Bagi masyarakat pajak dapat diartikan sebagai kontribusi terhadap proses pembiayaan di seluruh negeri semua program yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel dalam hal ini yaitu sistem administrasi perpajakan, modernisasi administrasi perpajakan dan administrasi perpajakan serta modernisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi sehingga dapat ditentukan variabel yang memiliki pengaruh sebagian besar upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Sampel penelitian ini peneliti menggunakan teknik metode acak sederhana di mana semua populasi penelitian memiliki kesempatan untuk terpilih sebagai sampel penelitian ini. Jumlah sampel yang digunakan adalah 33 wajib pajak UMKM Kota Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh positif modernisasi sistem adminitrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak usaha mikro kecil dan menengah.

Keywords


Pengetahuan Wajib Pajak tentang Sistem Administrasi Perpajakan diterapkan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. 2012. “Pengaruh Pengetahuan Pajak Persepsi Tentang Petugas Pajak dan Sistem Administrasi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam.2009. Aplikasi Analisi Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: BP-Undip.

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Undang-undang Terbaru. Jakarta: Media Computindo.

Triwigati, Listania. 2013. “The Influence Of Application Of Modernization In Taxation Administration System Toward The Level Of Tax Payer Compliance” (Skripsi). Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.