ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (STUDI KASUS INDUSTRI KERIPIK BUAH ANDHINI SEJAHTERA)

Saiful Saiful

Abstract


Strategi pemasaran sebagai salah satu dasar dalam menyusun perencanaan suatu perusahaan keseluruhan. Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh sebagai pedoman perusahaan dalam menentukan segmen dalam menjalankan kegiatan perusahaan, dan juga menjadi alasan bagaimana strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk menghadapi persaingan yang tajam saat. Penelian dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran dalam menghadapi dan untuk mengetahi strategi yang di lakukan selama ini dalam Industri keripik buah Andhini Sejahtera. Penelitian ini dilakukan di Andhini sejahtera di kota Batu. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, pencatatan, dokumentasi, wawancara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif.
Hasil dari Analisis menggunakan bauran pemasaran, Industri Andhini Sejahtera mempunyai produk yang berkualitas dengan menggunakan bahan utama yaitu buah-buahan yang masih segar sedangkan harga yang ditawarkan dari masing-masing produk biasa dikatakan terjangkau, ada tiga tempat yaitu di rumahnya sendiri sebagai tempat produksi segaligus penjualan, wisata slecta dan di Ramayana. Dalam media yang digukan sebagai alat promosi andini sejah terah sudah menggunakan media sosial.

Keywords


Strategi Pemasaran, Persaingan, Industri Andhini Sejahtera.

Full Text:

PDF

References


Anjani Arin, 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Indihome PT Telkom Kandatel Bantul”. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Angipta, Soma Nugraha. 2011. “Strategi Pemasaran Keripik Tempe Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri” (Skripsi). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dimas, Hendika Wibowo, Arifin Zainul dan Sunarti. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1.

Eni, Dewi Saputri. 2011. “Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Dengan Metode Swot Analysis Di Perusahaan Abon Diamond Ampel Boyolali”. (Skripsi) Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Enny, Noegraheni Hindarwati dan Bella Arifin Sanndy. 2015. “Penerapan Strategi Bisnis Pada Perusahaan Kontraktor Tiang Pancang Di Indonesia”. Jurnal Manajemen Indonesia Vol. 15, No. 3.

Hamzah, Ali Muhammad. 2011. “Analisis Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (Grude Palm Oil) Pada PT Karisma Pemasaran Bersama Nusantara Jakarta”. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hendra, Dwi Cahyadi dan Sugiharto Sugiono. 2014. “Pengaruh Private Brand Strategy Terhadap Brand Loyalty Pada Air Mineral 600ml Merek Alfa Di Alfamart Siwalankerto Surabaya”. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 2,No 1.

Hartono, Hendry dan Hutomo Karyana dan Mayangsari Marshelia. 2012 . “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian”. Binus Business Review Vol. 3 No. 2.

Heriyono. 2017. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor Pada CV Bintang Anugrah Motor”. Jurnal Ekonomi Vol. 6 No. 1.

Muhfi Irfan, Alfin. 2017. “Strategi Produk Tortilla Jajung (Studi Kasus UMKM KWT Kemuning II Desa Marga Catur, Kalianda”. (Skripsi). Lampung: Universitas Lampung Bandar lampung.

Nizar, Sapta Nuary. 2016. “Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol 2, No 1.

Riski, Kurniasih. 2017. “Analisis Strategi Pemasaran Warung Bakso Katon Netro Wong Solo di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser”. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 5, Nomor 3.

Sholihah, Anis. 2015. “Analisis Strategi Bersaing Dalam Pengembangan Produk Di Home Industri Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo”. (Skripsi). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Sugiharta, I Nyoman dan Darmawan Dwi Putra dan Ayu Sri Yudhari I Dewa, 2016. “Strategi Pemasaran Benih Padi pada UD Tani Sejati di Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar”. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata Vol. 5, No. 4.

Sonty, Lena dan Andriyana. 2017. “Perencanaan Strategi Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Rekrutmen Calon Karyawan (Studi Kasus Pt.Infomedia Solusi Humanika)”. Jurnal Lpkia, Vol.1 No.1.

Yati, Prawitasari Sri. 2010. “Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang)” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/kota_batu. Diakses 13 Februari 2018 Pukul 22.30 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.