PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP LABA PADA UD. TOHU SRIJAYA KOTA BATU

Rudiyanto Rudiyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku (X1), biaya tenaga kerja langsung (X2), dan biaya overhead pabrik (X3) terhadap laba (Y) pada UD. Tohu Srijaya Kota Batu, kemudian memberikan solusi (rekomendasi/perbaikan) terhadap masalah yang dapat menurunkan tingkat laba. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan tahun analisis tiga tahun terakhir yaitu 2015 s/d 2017. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa secara parsial masing-masing biaya bahan baku (X1), biaya tenaga kerja langsung (X2), dan biaya overhead pabrik (X3) berpengaruh signifikan secara negatif terhadap laba pada UD. Tohu Srijaya Kota Batu. Semakin besar biaya bahan baku (X1), biaya tenaga kerja langsung (X2), dan biaya overhead pabrik (X3) maka semakin kecil laba (Y) yang diperoleh. Secara simultan biaya bahan baku (X1), biaya tenaga kerja langsung (X2), dan biaya overhead pabrik (X3) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap laba (Y). Laba pada UD. Tohu Srijaya dipengaruhi oleh seluruh biaya produksi sebesar 90,8% dan 9,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Biaya Produksi, Laba, Regresi Linear Berganda

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

IAI, I. A. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Idriantoro, N dan Supomo, B. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi & Manajemen, Edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Lestari, Elly. 2017. “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia)” Jurnal EKSEKUTIF Volume 14 N0.1, 1-12

Mulyadi. 2000. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya : Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian Biaya. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIE YKPN.

Mulyadi. 2007. Sistem Akuntansi, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Prih, Sayyida. 2014. “Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Perusahaan” Jurnal "Performance" Bisnis & Akuntansi. Vol IV. No 1, 1-13

Prihatminingtyas, Budi. 2017. “Improving The Quality Of Food And Drinking Entrepreneurs In University Of Tribhuwana Tunggadewi” Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED) www.uin-malang.ac.id e-ISSN 2613-9804 p-ISSN 2477-3638. Vol.2, No.1, 200-204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.