TINJAUAN TEORITIS DAN MODEL STRATEGI PENGAWASAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU YANG EFEKTIF GUNA MENDUKUNG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA UMKM BACHRI DARMO MALANG

Ida Laila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa teori-teori terbaru manajemen produksi dan operasional khususnya kajian pengawasan persediaan bahan baku yang efektif di UMKM Bachri Darmo Malang dan untuk Menganalisa model strategi yang dapat diusulkan untuk meningkatkan pengawasan bahan baku yang efektif di UMKM Bachri Darmo Malang. Bachri Darmo adalah perusahaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang itu berkreasi dengan semen untuk membuat berbagai macam jenis kerajinan seperti pagar, meja, pot bunga, air mancur, kursi dan wastavel dan UMKM Bachri Darmo juga memiliki penilaian tinggi dalam produknya, jadi tidak heran jika Pesanan datang dari tuan- tuan Belanda an banyak juga pejabat tinggi yang memesan kerajinan tangan hasil pekerjaan di UMKM kerajinan tersebut. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah studi leteratur dan analisis SWOT yang mana study literatur itu mengumpulkan informasi dari berbagai jurnal, buku, surat kabar dan lain sebagainya, sedangkan analisis SWOT ini untuk mengetahui kelemahan dan ancaman kemudian di jadikan kekuatan an peluang bagi sebuah perusahaan atauun UMKM. Hasil penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya sebagaimana dikemukan oleh Diana (2017) menjelaskan bahwa Perencanaan terhadap persediaan bahan baku yang tepat sangat menunjang dalam kelancaran proses produksi. Kelancaran merupakan salah satu proses produksi yang sangat penting bagi perusahaan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan.

Keywords


Pengawasan Persediaan Bahan Baku

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: CP-FEUI.

Daniel, Endang dan Warsiah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium PKN Universitas Pendidikan Pancasila.

Diana, Khairani Sofyan. 2017. “Analisis Persediaan Bahan Baku Buah Kelapa Sawit Pada Pt. Bahari Dwikencana Lestari” (Skripsi). Aceh: Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh.

Gunawan, C.I. 2016. Teori Dasar Manajemen Produksi Dan Operasional. Purwokerto: IRDH.

Rusdah. 2016. “Strategi Konsep Perbankan Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Slamet, Achmad. 2007. Penganggaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES PRESS.

Zainuddin, Iba dan Raudhah. 2015. “Pengaruh Pengendalian Persediaan Bahan BakuTerhadap Kelancaran Proses Produksi Minyak Kelapa Di PT. Bireuen Coconut Oil” (Skripsi). Aceh: Prodi Manajemen Stie Kebangsaan Bireuen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.