ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA MALANG

Ezvi Nul Miars

Abstract


Pemerintah Kota Malang diberi kesempatan untuk menggali potensi sumber daya keuangan dengan menetapkan pajak daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pajak daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota malang selama lima tahun terakhir (2012-2016). Objek dalam penelitian ini adalah Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan berusaha melaksananakan pengkajian data deskriptif. Analisis penelitian ini menggunakan analisis rasio kontribusi dan realisasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa rata-rata per jenis kontribusi pajak daerah dan total kontribusi realisasi pajak daerah terhadap PAD Kota Malang selama 2012-2016 memiliki presentase sangat sangat baik. Kontribusi per jenis pajak terbesar berasal dari pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan dengan rata-rata 30,42% selama lima tahun. Sedangkan untuk total kontribusi realisasi pajak daerah terhadap PAD terbesar berasal dari tahun 2016 dengan rata-rata 78,45% selama lima tahun. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada pemerintah Kota Malang untuk lebih melihat potensi daerah yang dimiliki untuk memberikan nilai tambah terhadap kontribusi pajak daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang.

Keywords


Kontribusi Pajak Daerah dan PAD

Full Text:

PDF

References


Bahruddin. E dan Asep Saepul Hamdi. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.

Elvi, Ventje, dan Inggriani. 2015. Analisis Penerimaan Pajak Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Provinsi Maluku Utara. Maluku Utara: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Irsandy, Nengah, dan Devi. 2014. Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Batu. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi Offset.

Munir, Dasril, dan Henry Arys Djuanda. 2002. Kebijakan Dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: YPAPI.

Payu, Boby Rantow. 2014. Analisis Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Siahaan, Marihot Pahal. 2010. Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Berdasarkan UU No 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.

Siahaan, Marihot Pahal. 2016. Pajak Daerah Dan Retribusi Pasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soemitri, Rochmat. 1992. Dasar-Dasar Hukum Pajak Dan Pajak Pendapatan 1994. Bandung: Eresco.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugianto. 2007. Pajak Dan Retribusi Daerah. Jakarta: Cikal Sakti.

Sri, Lestari. 2014. Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2011-2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Taluke, Maxwel. 2013. Analisis Kontribusi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Pada Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Halmahera Barat. Maluku Utara: Universitas Sam Ratulangi Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.