ANALISIS KINERJA KEUANGAN UKM BERDASARKAN ANALISIS RASIO KEUANGAN (KASUS PADA TOKO LEZAT PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MALANG)

Siti Jubaidah Setyo Wijaya

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan UKM dilihat dari analisis rasio keuangan. Pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan dari UKM Toko Lezat yang di analisa mengunakan rasio keuangan Rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas. Untuk memenuhi tujuan penelitian, hipotesis diuji dengan uji kruskal wallis untuk rasio likuiditas, uji independent sample t test untuk rasio solvabilitas dan uji kolmogorov smirnov untuk rasio aktivitas.
Dari hasil analisa laporan keuangan pada rasio likuiditas UKM Toko Lezat berada dalam keadaan yang baik. Rasio solvabilitas UKM dalam keadaan kurang baik dan Rasio aktivitas UKM dapat dikatakan dalam keadaan baik. Kemudian dari hasil uji kruskal wallis untuk rasio likuiditas dan uji independent sample t test untuk rasio solvabilitas menunjukkan tidak terdapat perbedaan bermakna rata-rata antar rasio, dan hasil dari uji kolmogorov smirnov untuk rasio aktivitas menunjukkan terdapat perbedaan bermakna rata-rata antar rasio.

Keywords


Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Fahmi, I. 2011. Analisis Kinerja Keuangan, Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.

Harahap, S. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Jakarta: Raja Grafindo.

Hidayat, Taufik Dan Nina Istiadah. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19. Jakarta: Transmedia.

I Ketut Swarjono. 2016. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lustiyana, Maya, Nengah Sudjana dan Achmad Husaini. 2016. “Penggunaan Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan” Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 37, Nomor 1.

Mait, Hendry Andres. 2013. “Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk” Jurnal EMBA, Volume 3, Nomor 1.

Mait, Hendry Adres. 2012. Standart Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Martono. Hajito, D.A. 2010. Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta: Andi.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Empat. Yogyakarta: Liberty.

Sarini, Abdullah dan Taufik Edi Sutanto. 2015. Statistika Tanpa Stress. Jakarta: Transmedia.

Swita, Angelina Kaunang. 2013. “Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT. Cipta Daya Nusantara Manado” Jurnal EMBA Volume 1, Nomor 4.

Triyonowati, Recly Bima Rhamadana. 2016, “Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. H.M. Sampoerna Tbk”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.