PENGARUH KEMAMPUAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN,SIKAP TERHADAP KINERJA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA MALANG

Christina Ina Len

Abstract


Untuk meningkatkan suatu keberhasilan dalam sebuah usaha harus disertai dengan kemampuan yang baik dan seimbang baik itu kemampuan dalam pengetahuan, kemampuan dalam keterampilan dan kemampuan sikap.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pengetahuan, kemampuan keterampilan, kemampuan sikap terhadap kinerja usaha mikro kecil menengah di lingkungan perguruan tinggi swasta universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di di lingkungan universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang berjumlah 30 UMKM, dan sampel ini menggunakan total sampling yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel.
Hasil analisis regresi linier berganda hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai t hitung ≥ tabel(1,985) yaitu variable kemampuan pengetahuan sebesar 5,584, variable keterampilan sebesar 3,352 dan variable sikap sebesar 2,151 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di lingkungan universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Dengan demikian pelaku UMKM dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan usahanya dengan meningkatkan pengetahuannya tentang usaha yang dijalankan, meningkatkan keterampilan, dan harus memiliki sikap yang baik dalam pengambilan keputusan.

Keywords


Kemampuan Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Kinerja UMKM

Full Text:

PDF

References


As’ad, Muh. 1990. Manajemen Personalia Cetakan,. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, Anwar Prab. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Megantoro, Dwi. 2015. “Pengaruh dari pengalaman, keterampilan, serta Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Industri Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Di Panjangrejo, Srihardono, Pundong, Bantul Yogyakarta)” Artikel ilmiah, Universitas PGRI Yogyakarta.

Narbuko, Achmadi. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Shobikin, Amin. 2015. “Pengaruh Kepribadia, Sikap, dan Presepsi terhadap Perilaku Kewirausahaan Pelaku Usaha Industri Kecil Kerajinan Tangan dan Handicraft di Kabupaten Lamonga” Jurnal, Media Maharadika ,Vol 14, No.1 September 201.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 3.Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Subaidi. 2014. “Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Dan Kemampuan Terhadap Kreatifitas Kerja Karyawan UMKM” (Skripsi). Malang: Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Soetjipto, Budi, W. dkk. 2002. Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Amara Books.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabata.

Suryani. 2013. “Pengaruh Kemampuan (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap) Kerja Karyawan Terhadap Presentasi Kerja Karyawan Pada Koperasi Simpan Pinjam” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.