PENGARUH PERSEPSI PELAKU USAHA TERHADAP PENGGUNAAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA KELOMPOK TANI GELORA BUNGA DI DESA SIDOMULYO, KOTA BATU

Vinsensia Ani Rongan

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu penggerak perekonomian rakyat yang unggul karena kebanyakan para pengusaha kecil dan menengah berawal dari industri keluarga/rumahan. Oleh karena itu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah juga masih dihadapkan pada masalah yang terletak pada proses administrasi yaitu mengenai pengelolaan keuangan dalam usahanya tersebut serta informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan dapat bermanfaat dalam mengetahui kinerja perusahaan, menjadi modal dasar dalam pengambilan keputusan, mengukur dan mengkomunikasikan informasi keuangan perusahaan. Penelitian dilaksanakan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear sederhana yang diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengusaha kecil dan menengah pada industru rumahan memiliki persepsi yang kurang tentang pentingnya laporan keuangan terhadap kinerja usaha. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 responden dan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y= 110,154 + 0,590X. Diketahui bahwa dengan adanya persepsi pada pelaku usaha berpengaruh signifikan terhadap penggunaan laporan keuangan. Koefisien determinasi 0,742, menunjukkan bahwa persepsi pelaku usaha mempengaruhi penggunaan laporan keuangan sebesar 74,2%. Selain itu, pelaku usaha perlu memperhatikan mengenai pentingnya administrasi dalam perusahaan atau industri rumahan seperti usaha mikro kecil dan menengah.

Keywords


Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, Persepsi Pelaku Usaha, Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Arfan, Ikhsan dan Muhammad Ishak. 2005. Akuntansi Keprilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 Penyajian Laporan Keuangan (Revisi 2009). Jakarta : Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.2 Penyajian Laporan Keuangan (Revisi 2009). Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir. 2000. Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2008. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kieso, Donald E, et al. 2010. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Principles of Marketing. United States of America: Pearson

Robbins, Stephen P. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualtatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.