RUH PUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR TERPADU DINOYO KOTA MALANG

Martina Iyesni

Abstract


Retribusi pasar merupakan salahsatu sumber pendapatan daerah, oleh sebab itu harus dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah maupun oleh pihak kantor pengelola pasar sehinga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat maupun oleh pedagang yang berada di dalam pasar tersebut.Penetapan tarif mempunyai pengaruh terhadap efektivitas penerimaanretribusi daerah.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membahas lebih lanjut tentang pengaruh pungutan retribusi pasar terhadap pendapatan pedagang di pasar terpadu Dinoyo di Kota Malang.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif.Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Populasi yang digunakan adalah seluruh pedagang di Pasar Terpadu Dinoyo yang mempuyaikios/meja sendiri dan lebih dari 1 (satu) yaitu sebanyak 144 pedagang.Teknik pengambilan sampel yaitu mengunakan purposive sampling, dari 144 pedagang sampel yang digunakan adalah sebanyak 90 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan uji t.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa pungutan retribusi pasar berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagangsebesar 67,7% dan pelaksaan pemungutan sudah sesuai dengan peratura pemeritah kota Malang.

Keywords


Tarif Pungutan , Retribusi Pasar, Pendapatan Pedagang

Full Text:

PDF

References


Boediono. 1982. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Darsana, Ida Bagus. 2015. Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Tradisional dan Dampaknya

Raga. Arjanggi Wisnu. Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Pasar Di Kabupaten Demak Tahun 2006-2009

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2006. Teori Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.