PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI PADA UMKM KERIPIK “JAPA” ( STUDY DI DUSUN PERINCI,DESA GADING KULON,KEC DAU, KAB MALANG)

Margareta Angni Pebriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada UMKM Keripik “JAPA”. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan khusus bagian produksi pada UMKM Keripik “JAPA” sebanyak 30 karyawan dengan menggunakan metode pruposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, Dokumentasi, dan Wawancara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil uji t membuktikan bahwa kualitas bahan baku berpengaruh terhadap kualitas produk sebesar 4,235, proses produksi berpengaruh terhadap kualitas produk sebesar 2,615. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel bebas (kualitas bahan baku dan proses produksi) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kualitas produk pada UMKM Keripik “JAPA”. Pengaruh kualitas bahan baku dan proses produksi sebesar 84,9% terhadap kualitas dalam meningkatkan hasil produksi, sedangkan sisanya sebesar 15,1% disebabkan perubahan variabel lain diluar model penelitian.

Keywords


Kualitas Bahan Baku, Proses Produksi, Kualitas Produk

Full Text:

PDF

References


Budiman. 2015. “Analisis Pengaruh Tenaga Kerja,Bahan Baku dan Teknologi Terhadap Nilai Produksi Pada Industri Percetakan di Provinsi Riau” Jurnal FEKON , Oktober, Vol.2 No.2.

Harsanto, B. 2013. Dasar Ilmu Manajemen Oprasi. Sumedang. Unpad Press.

Herawati, H. dan D Mulyani. 2016 . Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo” UNEJ e-Proceeding, 463-482.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Prihatminingtyas,B. 2015. “The Business Oppourtunity of Micro Industry of Crispy Chiken and Crispy Salty Fish in Malang City, Indonesia” International Journal of Economics, Commerce and Management Vol. III, Issue 2, Feb 2015.

Render, B and Heizer Jay. 2014. Manajemen Operasi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Rakian, Atdri, Liswar Hamid, and Iwan Nauli Daulay. 2015. "Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tepung Terigu Menggunakan Metode Eoq pada Pabrik Mie Musbar Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau 2.1.

Sukanto.2010. Manajemen Produksi. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Tambunan, T.H. 2011. Perekonomian Indonesia : PNPM Mandiri. Jakarta: Gahlia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.