PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA PEMERINTAH KOTA MALANG

Ester Farida Sriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja pemerintah daerah Kota Malang. Penelitian ini diukur dari pemahaman Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang yang merupakan sampel penelitian ini dengan melalui kuesioner yang diberikan. Penilaian pemahaman oleh DPRD ini didasarkan pada indikator-indikator yang terkait dengan transparansi dan akuntabilitas. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang yang beranggota sebanyak 40 orang terdiri dari komisi A, B, C, dan D. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner yang diberikan kepada responden yang berjumlah 40 responden. Analisis data dimulai dari pengujian instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan terakhir pengujian hipotesis. Hasil dari analisis hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel transparansi keuangan daerah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja pemerintah. Dan demikian juga dengan variabel akuntabilitas keuangan daerah juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah. Secara simultan variabel transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah Kota Malang.

Keywords


Transparansi, Akuntabilitas, Kinerja Pemerintah Daerah

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lismawati, Husaini dan Lucy Aditya. 2013. “Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah” Jurnal Fairness Volume 3, Nomor 1, 2013 : 21-41.

Mardiasmo. 2006. “Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Governance” Jurnal Akuntansi Pemerintahan, 2 : 1. (1-17).

Rido, Krisherdian. 2015. “Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Daerah terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Jember” (Skripsi). Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

http://regional.kompas.com/read/2017/08/15/03335841/cegah-kasus-serupa-pemkot-malang-minta-pendampingan-kpk. Diakses pada tanggal 10 September 2017 pukul 23.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.