ANALISISIS PENGARUH PENERAPAN PERAWATAN MESIN TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI DAN PENGHENTIAN PRODUKSI PADA PABRIK GULA KEBON AGUNG DI KABUPATEN MALANG

Frumensia Lea

Abstract


Penerapan perawatan mesin merupakan salah satu kegiatan yang mempinyai kaitan erat dengan pencegahan kerusakan pada mesin terutama mesin produksi yang ada pada PT.PG Kebon Agung di Kabupaten Malang. Adapun penerapan yangn dilakukan dalam kegiatan perawatan mesin adalah preventive maintenance dan breakdown maintenance yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang perlu dilakukan serta penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil atau sempurna ketika digunakan nanti.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis data kualitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang berupa dokumen tertulis serta keterangan lisan dari pihak pabrik tanpa mengalami perubahan.
Dari hasil analisis menggunakan metode OEE (Overall Equipment Effectiveness) memberikan hasil penerapan perawatan mesin sangat berpengaruh pada kinerja mesin. Dimana mengaju kepada best practice atau kelas dunia kinerja mesin pada pabrik gula di kebon agung masih terbilang rendah. Untuk iu sangat diperlukan adanya penerapan perawatan harian sebagai informasi penyampain penjadwalan dan dapat mengawasi serta mengevaluasi hasil kegiatan perawatan.

Keywords


Perawatan Mesin, Preventive Maintenance, Breakdown Maintenace, OEE

Full Text:

PDF

References


Ahyari, Agus. 2001. Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Apri, H.I. 2008. “Manajemen Pemeliharaan Mesin-Mesin Produksi” (Tugas Akhir). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Assauri, Sofyan. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi . Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Corder, Antony. 1988. Teknik Manajemen Pemeliharaan. Jakarta: Erlangga.

Hendrik. 2011. “Analisis Perawatan (Maintenance) mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pada PT.PLN(PERSERO) Cabang Rengat Wilayah Riau Di Desa Kota Lama Kabupaten Inhu” (Skripsi). Pekan Baru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Rachmad, Nachunul Ali. 2010. “Perencanaan Kegiatan Maintenanace Dengan Metode Reability Centered Maintenance II” Jurnal Makara Teknelogi 7-14.

Sugiyono. 2004. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharto. 1991. Manajemen Perawatan Mesin. Jakarta. Rineka Cipta.

Supandi. 1990. Manajemen Perawatan Industri. Bandung: Ganesa Exact.

Titin, Isvi. 2015. “Analisa Peningkatam Mutu Pemeliharaan Mesin Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Perusahaan Dolomite” Jurnal Ekbis 653-685.

Waviy, Amiin. 2011. “Perencanaan Perawatan Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Pada Mesin Insulation Moulding di CV Bina Teknik” (Skripsi). Jawa Timur: UPN Veteran.

http://neeprinses.blogspot.co.id/2012/12/sejarah-pabrik-gula-kebon-agung-malang.html Diunduh: 23 Desember 2017 pukul 12.12 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.