ANALISIS PENGGELOLAAN MODAL KERJA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA UKM DELICIOUS, NACIA & SAS DI KOTA BATU

Andriyani Andriyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Dusun Segundu RT. 5, RW. 1, No. 26 Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur pada salah satu Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Delicious, Nacia & SAS. Modal kerja selalu dalam keadaan berputar dalam aktivitas usaha. Modal kerja yang efektif adalah yang tingkat perputarannya tinggi. Penggunaan modal kerja yang efisien akan memberikan hasil yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan modal kerja untuk menigkatkan pendapatan UMKM Delicious, Nacia & SAS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan modal kerja berdasarkan perhitungan Capital Working Turnover periode 2014 sampai dengan 2016 mengalami penurunan yang disebabkan pengelolaan modal kerja yang tidak di rencanakan terlebih dahulu oleh pemilik usaha. Pengelolaan modal kerja tanpa adanya perencanaan akan meyebabkan tingkat pendapatan menurun. Adapun hal yang harus dilakukan oleh pemilik usaha adalah mengelola modal kerja dengan mengefisienkan modal kerja, namun tidak menurunkan tingkat produksi, sehingga akan meningkatkan pendapatan.

Keywords


Modal Kerja, Capital Working Turnover, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Hamdi, AS. Bahruddin, E. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Indriyani, Eka. 2015. “Analisis Efektivitas Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Princess Diary Acc Di Samarinda” e-Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 3 (1) :104-114

Irawan, AR. Endang, NP, MG, Wi, Zahroh, ZA. 2015. “Analisis Pengelolaan Modal Kerja Untuk Meningkatkan Likuiditas Dan Profitabilitas (Studi Pada Pt. Pegadaian Cabang Kediri)” Jurnal Administrasi Bisnis. 22 (1) : 1-8.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.