PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP PAJAK DAERAH DAN KONTRIBUSINYA SESUDAH PENGALIHAN DI BADAN PELAYANAN PAJAK KOTA MALANG

Muhamad Khamid Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan Pemeritah Kota Malang melalui Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dalam pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah Kota Malang dan untuk mengetahui bagaimana kontribusinya terhadap pendapatan pajak daerah di Badan Pelayanan Pajak Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Semua data yang digunakan didapatkan langsung dari Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan, penelitian lapangan,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif yaitu dengan melakukan interpretasi terhadap data-data dan informasi yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan Pemerintah Kota Malang dalam peralihan dan mengelolah PBB sudah baik dengan mempersiapkan sarana penunjang dan sumber daya manusia yang mumpuni. Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Pajak Daerah setelah pengalihan PBB dari pusat ke daerah Kota Malang selama tiga tahun terakhir sebesar 22,88% yang menurut kriteria berarti sedang. Selain itu peningkatan pendapatan pajak daerah dikarenakan pemerintah daerah lebih mudah dalam mengontrol obyek pajak dan menentukan besarnya NJOP sesuai nilai dipasaran.

Keywords


Poses Peralihan, PBB, Kontribusi, Pajak Daerah

Full Text:

PDF

References


Diana, Anastasia dan Lilis Setiawati. 2009. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Nasiro. 2010. “Dampak Pengalihan Pengelolaan Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Perkotaan Pada Dinas Pendapatan Daerah Lumajang” (Skripsi). Jember: Universitas Jember.

Nazir, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priandana. 2009. “Keberadaan Pajak Bumi Dan Bangunan Sebagai Pajak Pusat Dalam Era Otonomi Daerah” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Sekaran, Uma. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Umi, Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Wibowo, Harjanto Hery. 2009. “Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Klate” (Tesis). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.