PENGARUH KESADARAN DAN PENGHASILAN TERHADAP KEPATUHAN MASYARAKAT KELAS MENENGAH KE BAWAH DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Oktavira K De Rosari

Abstract


Kepatuhan membayar Pajak Bumi dan Bangunandidasarkan oleh adanya kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu yang didukung oleh penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Wajib Pajak yang patuh berarti taat dan memenuhi serta melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran dan penghasilan terhadap kepatuan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malangsecara parsial.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampel random samplingsehingga didapatkan sampel sebanyak 100 Wajib Pajak UMKM Pajak Bumi Dan Bangunan.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier bergandadengan mengunakan program SPSS.Hasil penelitian membuktikan bahwa kesadaran berpengaruh terhadap kepatuan Wajib Pajak sebesar 3,404dan penghasilan berpengaruh terhadap kepatuan Wajib Pajak sebesar3,612. Adapun yang perlu dilakukan Wajib Pajak yaitu patuh dalam pembayaran pajak seperti membayar pajak tepat waktu sehingga mambantu berperan serta dalam meningkatkan hasil pajak untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian Indonesia.

Keywords


Kepatuan, Kesadaran, Penghasilan, Pajak Bumi Dan Bangunan, Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Antikasari. 2011. Prosedur Kebijakan Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Puji. 2011. “Tingkat Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kelurahan Serang Kecamatan Serang Tahun 2010” (Skripsi) Banten: Ilmu Administrasi Negara UNTIRTA.

Faturokhman dan Umi Pratiwi. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas” Makalah Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Yogyakarta: Andi.

Nugroho. 2011. Kewajiban Perpajakan Bagi Badan Usaha. Yogyakarta: BPFE.

Nugroho, Rahman Adi dan Zulaikha. 2012. “Faktor-faktor Yang Mempengerahui Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu)” Diponegoro Journal of Accounting Vol.1 No.2, hal 1-11. Semarang.

Rahayu, Siti Kurnia. 2009. Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal. Bandung: Graha Ilmu.

Setyonugroho, Hariyadi. 2012. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pada Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Tegalsari” Artikel Ilmiah STIE Perbanas. Surabaya.

Soemitro, Rochmat. 2011. Asas dan Dasar perpajakan 1 dan 2. Bandung: Eresco.

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia Buku 1 Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.