PENGARUH REPUTASI AKUNTAN PUBLIK (KAP) TERHADAP KUALITAS AUDIT (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015)

Yorim N. Lasboi

Abstract


Kualitas dari sebuah proses audit merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin bahwa laporan keuangan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan dapat dipercaya oleh masyarakat maupun pihak ke tiga lainnya (Sinaga 2012, dalam Aisyah, Gunawan, dan Purnamasari, 2014). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI)Universitas Brawijaya Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Reputasi Akuntan Publik (KAP) Terhadap Kualitas Audit.

Keywords


Reputasi Akuntan Publik (KAP), Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Aisyah F. H. dan P. Purnamasari. 2014. “Pengaruh Audit Rotation dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit dengan Fee Audit Sebagai Variabel Pemoderasi” Prosiding Akuntansi.

I, Ghozali. 2011. Analisis Mutivariate dengan program IBM SPP 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Surabaya.

Nadia, Nurul F. 2014. “Pengaruh Tenur KAP, Reputasi KAP Dan Rotasi KAP Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)” Jurnal Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Nuratama, IP. 2011. Pengarauh Tenur dan Reputasi Kantor Akuntan Publik pada Kualitas Audit dengan Komite Audit sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Universitas Udayana Bali.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Semarang. Badan Penerbit Universitas Surabaya.

Wahono, Tri Hari. 2014. “Pengaruh Tenur, Reputasi Kap Serta Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Audit Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsusmsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013,Pengaruh Tenur, Reputasi Kap Serta Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Audit Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsusmsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2013” Kompartemen, Vol. XII No.2, September 2014, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.