STRATEGI PELAYANAN PEMBIAYAAN ANGGOTA PADA KOPERASI UNIT DESA SUMBER MAKMUR NGANTAN KABUPATEN MALANG
Abstract
Strategi Pelayan Pembiayaan Aanggota yang di gunakan oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur Ngantang dalam Pelayanan Pembiayaan yaitu dengan sistem pemupukan modal. Modal yang telah dimiliki oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur kemudian diberikan kepada Anggota yang membutuhkan untuk modal mengembangkan usaha Anggota. Calon anggota diamati kurang lebih, paling lama 1 tahun dan paling cepat 6 bulan, di lihat layak atau tidak menjadi anggota Koperasi Unit Desa Sumber Makmur, hal ini di ambil karena sebelumnya banyak anggota yang kurang atau tidak aktif dalam keanggotan Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Anggota harus memiliki perternakan sapi, karena Koperasi Unit Desa Sumber Makmur lebih terkhususkan pada peternakan sapi perah yang merupakan produk utama Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Anggota memiliki jaminan, seperti sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh BPN, rumah, kendaraan bermotor, barang-barang elektronik dan barang berharga lainnya, yang bisa dijadikan jaminan.
Manfaat besar yang dirasakan oleh Anggota, sangat terbantu dengan adanya Pembiayaan yang telah diberikan oleh Koperasi Unit Desa Sumber Makmur. Modal yang telah diberikan Koperasi Unit Desa Sumber Makmur dipergunakan untuk penambahan modal usaha Anggot. Dengan semakin berkembangnya Usaha Anggota otomatis semakin dibutuhkan penyerapan tenaga kerja yang banyak, secara tidak lansung ini juga membantu program pemerintah untuk pemerdayaan usaha masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Sumiyanto. 2008. BMT Menuju Koperasi Modern. Yogyakarta: ISES Publishing.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Allison dan Kaye . 2004. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Aryo, Saputra. 2011. “Strategi Pelayanan Pembiayaan UKM Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Arrahmah Cinere” (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Handayani. 2014. “Analisis Kinerja Keuangan KUD Giri Margo Kecamatan Miri Kabupaten Sragen” (Skripsi) Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Handari, Nabawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogayakarta: Gajah Mada Pres.
Jatmiko. 2003. Manajemen Strategi. Malang: UMM Press.
Kasmir. 2002 . Bank Dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA Lan Press.
Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2010 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya.
Rosavinda, Bunga. 2013. “Peran Kopeasi Unit Desa Terhadap Penigkatan Pendapatan Anggota” Jurnal Ilmiah. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.
Sufriatna, Nana. 2007. Kembangkan Kecakapan Sosialmu. Bandung: Grafindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Utami, Dewi. 2014. “Pemanfaatan Dana Unit Simpan Pinjam Bagi Anggota Kudmarem Panti Jember”, (Skripsi). Jember: Universitas Jember.
Whelen dan Hunger . 2008. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.
Zainuddin, Ali. 2008. Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.