PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP BEBAN PAJAK PENGHASILAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR (STUDI KASUS PT.INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK)

Novita Helen

Abstract


Struktur modal merupakan proposi dalam menentukan pemenuhan kebutuhan belanja perusahaan. Penentuan struktur modal akan merencanakan kebutuhan mendatang dan menghitung seluruh beban usaha yang dikeluarga terutama pajak sehingga bisa mengontrol pengeluaran pajak untuk periode selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal pada perusahaan manufaktrur terhadap beban pajak penghasilanPT Indofood Sukses Makmur Tbk.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan yaitu dokumentasi menggunakan laporan keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2012 – 2016 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa struktur modal berpengaruh signifikan terhadap variabel beban pajak penghasilan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebesar(3,730) dengan persentase pengaruh sebesar 71,6%. Adapun yang perlu dilakukan perusahaan yaitu patuh dalam pembayaran pajak seperti membayar pajak tepat waktu sehingga membantu berperan serta dalam meningkatkan hasil pajak untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian Indonesia.

Keywords


Struktur Modal, Beban Pajak Penghasilan

Full Text:

PDF

References


Azhari, Andy. 2015. “Pengaruh Struktur Modal Dan Manajemen Laba Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang Studi Pada Perusahaan Penerbit Daftar Syariah Sector Property Dan Real Estate Di BEI Tahun 2013-2014” (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Bakhri, Syaiful, Djamarah. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Birgham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2007. Management Dasar-dasar Badan Semarang: Universitas di Ponegoro.

Mulyadi. 2006. Manajemen Keuangan: Jakarta: Bayumedia.

Sartono, Agus. 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Suandy, Erly. 2006. Perencanaan Pajak Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmadani, Nilam Indah. 2010. “Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Pajak Penghasilan Badan Terutang pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI” (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.