ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENERIMAAN KAS PADA UKM DELICIOUS, NACIA & SAS DI KECAMATAN BUMI AJI KOTA BATU (STUDI KASUS PADA UKM DELICIOUS, NACIA DAN SAS DI KEC. BUMIAJI KOTA BATU)

Heronimus Niko

Abstract


Perkembangan UKM di Indonesia memang cukup menjanjikan oleh sebab itu, para pengusaha kecil menengah harus mampu meningkatkan ketajaman Visi bisnis mereka, mengingat persaingan bisnis di era global yang semakin hari semakin ketat. Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui dan menganalisis sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada UKM Delicious, Nacia & Sas. 2) untuk mengetahui apakah sistem informasi akuntansi sudah berjalan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus, jenis data yang digunakan adalah data skunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi dan wawancara, metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, kualitatif, yaitu analisis data yang digambarkan dalam uraiyan kata atau kalimat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa untuk sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada UKM Delicious, Nacia & Sas belum berjalan secara efektif, karena masih memiliki beberapa kekurangan diataranya bukti penerimaan kas dan jurnal penerimaan kas yang masih sederhana atau manual, serta tidak adanya pengendalian intern kas.

Keywords


Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Kas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharni. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Yogayakarta: Rineka Cipta.

Hery. 2011. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Indeks.

Krisnawati, Suhandak Dan Topowijaya. 2013. “Analisis Sistem informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas (Studi Pada Penjualan Speedy PT. Telekomunikasi Indonesia, Kandatel Malang)” Jurnal Administrasi Bisnis Unipersitas Brawijaya.

Mulyadi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Selemba Empat.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Linggar Jaya.

Widjajanto, Nugroho. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Widyantari, N. P. 2015. “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Pada CV. Sangsi Utama Surabaya” (Skripsi). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.