PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP DIVIDEN KAS PADA BANK BUKOPIN MALANG YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016

Fransiska Susi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan lebih lanjut tentang prediksi yang lebih baik antara pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap dividen kas yang ada di Bank Bukopin Malang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data keuangan Bank Bukopin Malang selama periode 2012 sampai dengan periode 2016 mengenai laba bersih, arus kas operasi dan dividen kas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif menggunkan pendekatan kuantitatif dengan menggunkan berbagai uji seperti uji asumsi klasik , analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis, hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa laba bersih dan arus kas operasi berpengaruh secara simultanbersama-sama/terhadap dividen kas.

Keywords


Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Dividen Kas

Full Text:

PDF

References


Dhira, One Septia Nindi, Wulandari Novi, dan Wahyuni Ika Nining. 2010. “Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen” Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Muktivarate Dengan Program SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Hernat, O. P. 2015. “Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Kurniawan, Muhamad Cahya. 2016. “Pengaruh Laba Akuntansi, Tingkat Hutang Dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Tunai (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)” Jurnal STIE Indonesia Banking School.

M. Samryn L. 2015. Pengantar Akuntansi: Metode Akuntansi Untuk Elemen Laporan Keuangan Diperkaya Dengan Perspektif IFRS Dan Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.

Subramanyam, K. R, Wild J Jhon. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riyando, Tiochanda. 2015. “Analisis Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Pembayaran Dividen Kas Sebelumnya, Dan Quick Ratio Terhadap Dividen Kas Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015” Jurnal Faculty Of Economy Riau University, Pekanbaru.

Wahyuni dan Subagyo. 2013. “Pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi Dan Likuiditas Perusahaan Terhadap Pembayaran Dividen Kas” Cahaya Aktiva, Vol. 1, No. 01, P 57-64.

Wehantow, A. B, Tinangon. J. J. 2015. “Analisis Lpaoran Arus Kas Operasi Investasi Dan Pendanaan Pada PT. Gudang Garam Tbk. Manado” Jurnal Emba. Vol. 3, No. 1. Manado.

Winda. 2012. “Pengaruh Laba Bersih Dan Arus Kas Operasi Terhadap Dividen Kas Pada KUD Karangploso Periode 2007-2011 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Wicaksono, S. dan M. Nasir. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kbijakan Dividen Pada Perusahaan Manufsktur Yang Terdaftar Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)” (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.