ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP RASIO FUNDAMENTAL (STUDI KASUS DI PT HOLCIM INDONESIA Tbk YANG TERDAFTAR DI BEI)

Agustina Agustina

Abstract


Pertumbuhan usaha di Indonesia sudah mulai menjamur, dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang terdaftarkan di Bursa Efek Indonesi artinya banyak perusahaan-perusahaan yang keberadaanya go publik dimana modal nya didapat dengan menjual saham perusahaan, sehingga untuk mengetahui kinerja keuangan dan nilai perusahaan sangat penting dilakukan, bukan hanya untuk menarik para investor tetapi informasi kinerja keuangan dan nilai perusahaan dilakukan untuk pengambilan keputusan semua elemen terkait, dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui kondisi kinerja dan nilai perusahaan melalui perhitungan rasio fundamental.
Sebagai sampel peneliti menggunakan kinerja keuangan dan nilai perusahaan PT Holcim Indonesia, Tbk dengan menggunakan metode kulitatif diskriptif, data yang digunakan dokumentasi dengan analisis data kinerja keuangan, nilai perusahaan, rasio fundamental. Ditinjau dari hasil perhitungan kinerja keuangan, nilai perusahaan dan rasio fundamental dapat dinyatakan bahwa perusahaan mengalami penurunan dilihat dari tahun ketahun mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengontrolan kinerja keuangan dan nilai perusahaan secara efektif. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menerapakan perhitungan kinerja keunagan, nilai perusahaan dan rasio fundamental dalam laporan keuangan.

Keywords


Kinerja Keuanagan, Nilai Perusahaan, Rasio Fundamental

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Imam. 2010. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astutik, S. 2017. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Indeks (JII) Di Bursa Efek Indonesia (BEI)” Jurnal: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses tanggal 23 Oktober 2017.

Chairuddin, H. 2012. Analisis Posisi Likuiditas. Sumatera Utama: Digital Library.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jerry, J. 2015. “Analisis Pengaruh Rasio Fundamental, Kinerja Keuangan, Dan Risiko Pasar Pada Industri Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Terhadap Perubahan Indeks Harga Saham Gabungan” Jurnal: Universitas Gunadarma. Diakses tanggal 23 Oktober 2017.

Harahap, Sofyan S. 2011. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogakarta: BPFE.

Horne, J.C.V. 2011. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 12 (diterjemahkan oleh Fitriasari, D & Kwary, D.A ). Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Riyanto, Bambang, 2009. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sartono, Agus, R. 2008. Manajemen Keuagan Dan Teori Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sawir, Agnes, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Yogyakarta: Hanindita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.