TINJAUAN TEORITIS DAN ANALISIS PERANAN BIAYA PRODUKSI DAN PENJUALAN TERHADAP PEROLEHAN LABA PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM HOME INDUSTRI GLODIA)

Ratih Tjahyaningtyas Susanti

Abstract


Secara umum tujuan dari pendirian sebuah usaha adalah untuk memperoleh laba sebanyak mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan biaya produksi dan penjualan terhadap perolehan laba pada UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi ketika penelitian berlangsung dan menampilkan hasil yang sesuai dengan fakta atau apa adanya. Penelitian ini diteliti dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis data dan menyajikan data. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Home Industri Goldia , yang merupakan UMKM yang bergerak dibidang pembuatan Camilan. UMKM ini terletak di Jl. Petung Sewu, Desa Petung Sewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang-Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1). Observasi 2). Wawancara 3). Dokumentasi baik itu pengambilan dokumen berupa foto-foto ataupun dokumen dari pemilik UMKM. Metode analisis data menggunakan metode analisis rasio keuangan dan analisis Break iven point untuk mengetahui peranan antara biaya produksi dan penjualan terhadap perolehan laba pada UMKM Home Industri Goldia.

Keywords


Peranan Biaya Produksi dan Pemasaran, Perolehan Laba

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Ninik. 2012. “Penyusunan Anggaran Penjualan Sebagai Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Produksi” Jurnal Cendekia, Vol.10 No.2.

Assauri, Softjan. 2008. Manajemen Produksi Dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, N, P, S. 2017. “Pengaruh Harga Jual Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Kartu IM3 Pada PT. Meliana Perkasa Sejahtera Di Kabupeten Karang Asem Tahun 2013-2016” e-Journal, Vol.9 No.1.

Dinar, I Gusti. P.G.I, Yulianthini, N.N & Susila, G.P.A.J. 2016. “Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Promosi Terhadap Penjualan UD Tirta Di Jembrana” Jurnal Ekonomi Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4.

Firmansyah, Taopik dan Darwasati, Eris. 2016. “Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaanpada PD. Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014” Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol 5.

Hanafi, Mahmud M. 2010. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Ismail, Ressa. 2013. “Hubungan Biaya-Volume-Labapada Perum Bulog Sub Divre Wilayah 1 Ternate” Jurnal EMBA, Vol.1 No.3.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lambajang, Amelia A.A. 2013. “Analisis Perhitungan Biaya Produksi Menggunakan Metode Variabel Costing PT. Tropica Cocoprima” Jurnal MBA, Vol 1.

Lasut, Thelbic. 2015. “Analisis Biaya Produksi Dalam Rangka Penentuan Harga Jual Makanan Pada Rumah Makan Ragey Poppy Di Tomohon” Jurnal EMBA, Vol.3 No.1.

Mayasari, Elis. 2016. “Analisis Volume Penjualan Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada Produk Limbah” (Skripsi) Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Marwasputra, Lestariadi. 2010. “Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Penjualan Terhadap Hasil Penjualan Pengrajin Keramik Di Kecamatan Purwerejo Klampok Kabupaten Banjarnegara. Semarang” (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya. Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Salemba Empat.

Puspitawati, Lilis dan Sri Dewi Anggadini. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmanita, Maulidina. 2017. “Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Intervering” (Skripsi) Surakarta: Institut Agama Islam Negri Surakarta.

Rustami, putu, Kirya, I.K dan Cipta, W. 2014. “Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis” Jurnal Ekonomi Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2.

Sayyida. 2014. “Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Perusahaan” Jurnal Performance Bisnis & Akuntansi, Vol 4.

Supriyono, R. 2011. Akuntansi Biaya: Perencanaan Dan Pengendalian Biaya Serta Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: BPFE.

Sulistiyowati, Lenny. 2010. Panduan Praktis Memahami Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tunggal, Amin W. 2014. Pengetahuan Dasar Auditing. Jakarta: Harvarindo.

Winarso, Widi. 2014. “Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas (ROA) PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PERSERO)” Ecodemia, Vol II No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.