ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN RASIO RENTABILITAS PADA USAHA KECIL MENENGAH. ( STUDI KASUS PADA UKM SARI APEL BROSEM BATU )

Alfonsa Bria

Abstract


Sebagai perusahaan yang sedang berkembang dan bergerak dibidang industri garmen, UKM Sari Apel BROSEM Batu yang sedang menghadapi berbagai tantangan dalam persaingan, baik itu oleh perusahaan sejenis atau perusahaan lain jenis dengan merk-merk dagang yang telah terkenal. Perusahaan perlu mengetahui sejauh mana perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya dan kinerja yang telah dicapai selama ini, untuk itu perusahaan perlu melakukan analisa laporan keuangan dengan rasio-rasio yang lengkap oleh karena selama ini perusahaan baru sebatas menggunakan analisa rasio likuiditas dan analisa rasio profabilitas untuk menilai kinerja keuangan perusahaan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengukur data dan mengevaluasi data yang ada. Data penelitian dengan menggunakan data keuangan periode yang lalu. Hasil penelitian ini bahwa Kinerja keuangan yang di ukur dengan menggunakan rasio rentabilitas secara keseluruhan kemampuan UMKM BROSEM Sari Apel untuk menghasilkan pendapatan adalah kurang baik. Hasil perhitungan Gross Profit Margin,Profit Margin,ROA dan ROE menunjukkan penurunan selama satu tahun terakhir.Hal tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan masih belum mampu mengoptimalkan penjualan total,aktiva maupun ekuitasnya untuk memperoleh laba bersih yang maksimal.

Keywords


Rasio, Rentablitas, Kinerja Keuangan, UKM Sari Apel BroSem

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Munawir. 2006. Manajemen Keuangan. Jakarta: Pustaka pembangunan.

Dwi, Ermayanti. 2009. Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Pustaka Pembangunan.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Lukas Setia, Atmaja. 2008. Teori & Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Andi Offset.

Moleong J. Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Mulyadi. 2007. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.

Purwitasari, E .2013. Analisis Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rini Susanti. 2015. “Analisis Kinerja Keuangan Dari Aspek Rasio Rentabilitas Dalam Menilai Kekuatan Pada CV. Pandawa 87 Malang” (Skripsi). Fakultas Ekonomi. Malang: Ekonomi Universitas Brawijaya.

Siregar, Anthony. 2010. Manajemen Kuangan Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prantik. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.

Sri Mursiti. 2016. “Analisis Rasio Rentabilitas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Koperasi SAE Batu”(Skripsi). Fakultas Ekonomi. Malang: Universitas Brawijaya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: CV Alva Beta.

Sutrisno. 2007. Manajemen Keuangan: Yogyakarta: Ekonisia.

Zaki, Baridwan. 2003. Sistem Akuntansi Penyusutan Prosedur dan Metode. Yogyakarta: BPFE YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.