ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi Kasus Pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Anjela Sindi Cristiamar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas pemungutan Pajak Hotel dan Pajak Restoran pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dan kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian dengan mengumpulkan data-data, mengungkapkan dan memaparkan data dan mengintrepretasikan data. Penelitian ini mendeskripsikan target dan realisasi pajak hotel dan pajak restoran, menghitung efektifitas pemungutan pajak hotel dan pajak restoran serta menganalisis kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data penerimaan pajak hotel dan pajak restoran selama 5 tahun, yaitu dari tahun 2012-2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder, data sekunder dapat berupa bukti, catatan atau laporan historis dalam arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah adalah dengan menggunakan analisis efektivitas dan kontribusi.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa persentase efektivitas pemungutan pajak hotel dan pajak restoran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang tahun 2012-2016 adalah sangat efektif dan persentase kontribusi pajak hotel dan pajak restoran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang tahun 2012-2016 adalah sangat kurang dan kurang.

Keywords


Efektivitas, Kontribusi, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


Indriantoro, Nur, Bambang Supono. 2002. Metode Penelitian Bisnis: untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta :Andi.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Resmi, Siti, 2009. Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Republik Indonesia, Undang-undang KUP No. 28 Tahun 2007, Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta

Siahaan, Marihot P, 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Edisi 1. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Siahaan, P. Marihot, 2005, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Salinan Peraturan Daerah Kota Malng Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah.

Sugiyono, 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-9. Bandung : CV Alfabeteta.

Supramono dan Theresia Woro Damayanti. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Waluyo, 2008. Akuntansi Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. . Jakarta : Salemba Empat.

Yolina. 2009. Dasar-dasar Akuntansi Perpajakan. Yogyakarta : Tabora Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.