PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL MENGGUNAKAN VARIABEL COSTING METHOD PADA UKM ROTI ROTTERDAM DI DESA TULUNGREJO KOTA BATU

Frederika Kuku Yowa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menghitung harga pokok produksi untuk menentukan harga jual menggunakan variable costing method pada UKM Roti Rotterdam di Desa Tulungrejo Kota Batu. Penelitian ini metode deskriptif pendekatan kualitatif, data kualitatif yang digunakan dalam penulisan laporan ini berupa keterangan dan penjelasan dari pihak perusahaan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data perhitungan harga pokok produksi, penetapan harga jual menggunakan metode variable costing.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Dengan hasil penelitian perhitungan harga pokok produksi yang meliputi biaya bahan baku sebesar Rp. 30.285.000, biaya tenaga kerja sebesar Rp 36.000.000, dan biaya overhead pabrik sebesar Rp 20.550.000 sehingga mendapatkan nilai penjualan oleh UKM Roti Rotterdam menggunakan pendekatan metode variable costing dengan besarnya margin yang diharapkan oleh perusahaan sebagai penentu harga jual sebesar 40% dan menghasilkan harga jual sebesar Rp 12.000/unit.

Keywords


Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Variable Costing

Full Text:

PDF

References


Gersil, Aydin dan Cevdet Kayal. 2016 .“A Comparative Analysis of Normal Costing Method with Full Costing and Variable Costing in Internet Reporting” dalam International Journal of Management (IJM), Vol. 7, Issue 3,: h 79-92.

Krismiaji, Y Anni Aryani. 2011. Akuntansi Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi. 2012. Akuntasni Biaya. Edisi 5. Yogyakarta : UPP-STIM YKPN.

Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

__________. 2003. Activity Based Costing, 6th Edition. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.