EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL UNTUK MEMPEROLEH LABA PADA UKM GELORA BUNGA DI DESA SIDOMULYO KOTA BATU

Isabela Leda Bili

Abstract


Persaingan kegiatan usaha menjadi semakin tajam dan usaha berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumennya tidak terkecuali di bidang usaha UKM untuk mendapatkan laba. Bukanlah hal yang mudah dalam mendapatkan laba yang besar terutama pada iklim usaha yang penuh persaingan. Untuk mendapatkan laba yang besar perusahaan dituntut untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimna cara memenuhinya untuk mendapatkan laba yang besar dengan mengeluarkan biaya operasionala yang sedikit sangatlah di butuhkan UKM. Oleh karena UKM-UKM perlu membuat kebijakan yang mengacu pada terciptanya efesiensi dan efektivitas kerja. Pemilik usaha harus mengetahui kondisi usahanya secara keseluruhan dari segi permodalan, maupun tingkat laba atau peruntungan yang di peroleh. Pemilik usaha juga dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk mengetahui informasi mengenai biaya operasional yang dikeluarkan.
Dalam menjalankan aktivitas usahanya. Sehingga dapat menekan banyaknya pengeluaran yang di gunakan untuk menghasilkan tingkat laba yang tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya opersional yang banyak. Maka dari itu pemilik usaha harus pintar memahami pasar dan kebutuhan yang dibutuhkan masyrakat sehingga barang atau jasa yang diproduksi laku di pasaran dan di minati masyarakat.

Keywords


Efesiensi Biaya Operasional Untuk mendapatkan Laba.

Full Text:

PDF

References


Assauri. 2004.Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Press.

Adi Saputro dan Asri. 2003.Anggaran Perusahaan Edisi 2003/2004. Cetakan Pertama. Yokyakarta: Penerbit BPFE Universitas Gajah Mada.

Andreoni, James, Brian Erand, & Jonathan Feinstein. 1998. “Tax Compliance” dalamJournal of Economic Literature. Vol XXXVI (June 1998): 818 – 860.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Carter, Usry. 2004.Akuntansi Biaya. Jakarta : Salermba Empat.

Daff,Richcard L. 2002. ManajemenEdisi Kelima Jilid Satu. Erlangga.

Mulyadi .1987.Manajemen Perubahan. Jakarta : Erlangga.

M. Nafarin. 2000. Penganggaran Perusahaan, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Harnanto. 2002.Akuntansi Keuangan Lanjutan I. Edisi Pertama. Yokyakarta.: BPFE Gajah Mada.

Sutopo, HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wild, Subramanyam, dan Halsey. 2005. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedelapan. Diterjemahkan oleh: Yanivi S. Bachtiar dan S. Nurwahyu Harahap. Jakarta : Salemba Empat.

Warren, S.Carl. et al.2008. Pengantar Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

__________. 2004.Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.