PENERAPAN PEMBUKUAN HASIL USAHA UNTUK MENINGKATKAN PAJAK USAHA PADA WARNET KAMPOENK NET MALANG

Johanes J. Ria

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembukuan yang telah dilaksanakan oleh usaha warnet Kampoenk Net di Malang dan untuk mengetahui penerapan pencatatan keuangan yang seharusnya menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku umum.Dalam menganalisis data, digunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan perbandingan antara teori-teori yang dipergunakan dalam penelitian dengan penerapan dalam perusahaan, kemudian disusun sedemikian rupa untuk dianalisis secara teliti kemudian dibuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha warnet yang menjadi objek penelitian tidak melakukan pencatatan (jurnal) baik penerimaan kas maupun pengeluaran kas dan penentuan besarnya penerimaan yang diperoleh usaha warnet hanya didasarkan pada sisa uang tunai yang tertinggal dilaci meja kasir warnet. Usaha warnet ini tidak membuat laporan keuangan secara lengkap sesuai dengan SAK-ETAP yang berlaku.

Keywords


Pembukuan, SAK-ETAP, UMKM, Pajak Usaha

Full Text:

PDF

References


Aliminsyah dan Padji. 2005. Kamus IstilahAkuntansi. Bandung: Yrama Widya.

Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman PraktisMemahami Laporan Keuangan. Yogyakarta:ANDI.

Dianita, Irma. 2011. “Studi Penerapan Pencatatan Keuangan Pada Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Pada UMK Pengrajin Sepatu dan Sandal Wanita di Wilayah Surabaya Utara dan Surabaya Barat)” (Skripsi). Fakultas Ekonomi-Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP). Jakarta : Salemba Empat.

Jumingan. 2006. AnalisisLaporanKeuangan.Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Maria, Evi. 2007. Akuntansi Untuk Perusahaan Jasa.Yogyakarta: Gava media.

Muljo, Hery, Harjono. 2007. Penuntun BelajarAkuntansi Keuangan Menengah. Yogyakarta:Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.