PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK PARKIR DAN RETRIBUSI PASAR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG

Maria Elansia Ngono

Abstract


Pajak merupakan iuran wajib dari rakyat kepada negara dengan tidak menerima imbalan jasa secara langsung berdasarkan Undang-Undang, untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum. Salah satu cara meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Malang dengan memperharikan potensi pajak seperti pajak parkir dan retribusi pasar. Tujuan penelitian ini untukmengetahui pengaruh kontribusi pajak parkir dan retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan yaitu dokumentasi menggunakan laporan keuangan pajak Kota Malang dari tahun 2013 - 2016. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kontribusi Pajak Parkir berpengaruh positif terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang sebesar 3,373. Retribusi Pasarberpengaruh positif terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang sebesar 3,500. Secara bersama-sama kontribusi Pajak Parkir dan Retribusi Pasarberpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang sebesar 29,760 atau 98,3%. Adapun yang perlu dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang yaitu memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pembayaran kontribusi Pajak Parkir dan Retribusi Pasar bagi pembangunan daerah sehingga tidak merasa terbebani membayar biaya parkir dan retribusi pasar.

Keywords


Kontribusi Pajak Parkir, Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Pasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Syukriy & Abdul, H. 2004. “Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Pemerintah Daerah” (Skripsi). Universitas Brawijaya Malang

Adelina, Risma. 2012. “Analisis efektifitas kontribusi penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) terhadap Pendaptan Asli Derah Kabupaten Gresik” (Skripsi). Universitas Negeri Surabaya.

Mahmudi.2010. Analisis Laporan keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM.

Mardiasmo. 2011.Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mas’udah. 2014. “Pengaruh Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Dan Retribusi Pelayanan Parker Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Demak Periode 2010-2014” dalam Jurnal Akuntansi Perpajakan Universitas Sultan Fatah Demak.

Siahaan, Marihot. 2013. Pajak dan Retribusi Daerah edisirevisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemitro Rochmat.2011. Dasar-dasar Hukum pajak. Yogyakarta :Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.