HUBUNGAN KARAKTERISTIK KOPERASI DENGAN PENGUNGKAPAN RESIKO DI KOPERASI KARANGPLOSO (STUDI PADA KOPERASI KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG)

Maria Goreti Noi

Abstract


Karakteristik Koperasi merupakan ukuran besar kecilnya koperasi sehingga diperlukan transparansi laporan keuangan melalui pengungkapan resiko yang dilaksanakan pada Rapat Anggota Tahunan bertujuan untuk memberikan informasi dan keterangan tentang kinerja koperasi kepada anggotanya. Tujuan penelitian ini untukmengetahuihubungan antara karakteristik koperasi dengan pengungkapan resiko di Koperasi Karangploso. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif.
Data yang digunakan yaitu laporan keuangan Koperasi Unit Desa Karangploso selama tahun 2014-2016. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier sederhanadengan mengunakan program SPSS.Hasil penelitian membuktikan karakteristik koperasi memiliki hubungan dengan pengungkapan resiko di Koperasi Unit Desa Karangplososebesar82,780 atau sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan koperasi dalam melakukan pengungkapan resiko harus transparan terhadap segala keputusan yang diterapkan kepada anggotanya.

Keywords


Karakteristik Koperasi, Koperasi Unit Desa, Pengungkapan Resiko

Full Text:

PDF

References


Chariridan Imam Ghozali. 2007.Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

IAI. 2004. Akuntansi Perkoperasian Berdasarkan PSAK No. 27. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.

Linsley, Philip M. and Philip J. Shrives. 2006. “Risk Reporting : A Study of Risk. Disclosure in the Annual Reports of UK Companies” dalam Journal The British.

Sudarwanto. 2013. Ekonomi Koperasi. Bandung:Graha Ilmu.

Sudarmaji dan Sularto. 2007. Ukuran Perusahaan Dalam Menghadapi Risiko Kerugian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang RI No. 25 tahun 1992 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Koperasi Indonesia. Jakarta: Dinas Koperasi Indonesia.

Wulandari. 2012. Komite Audit Berdasarkan KeputusanKetua BAPEPAM No. Kep-29/PM/2004. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.