ANALISIS LATAR BELAKANG PENDIDIKAN,JENIS USAHA,PENGALAMAN USAHA,SKALA USAHA DAN PELATIHAN AKUNTANSI YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Natasya Mentari Putri Lusi

Abstract


Sistem informasi akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa (identifikasi, mengukur, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan) atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi keuangan untuk pengambilan keputusan. Faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem informasi akuntansi pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah yaitu pendidikan, jenis usaha, pengalaman usaha, skala usaha dan pelatihan akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor pendidikan, jenis usaha, pengalaman usaha, skala usaha dan pelatihan akuntansi terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada UMKM secara simultan dan parsial. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode pruposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 50 pelaku UMKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan faktor pendidikan, jenis usaha, pengalaman usaha, skala usaha dan pelatihan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada UMKMdi Kecamatan Blimbing Kota Malang sebesar 10,596 atau 54,6%. Hasil secara parsial membuktikan bahwa faktor pendidikan berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi sebesar 3,010, faktor jenis usaha berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi sebesar 2,978, faktor pengalaman usaha berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi sebesar 3,304, faktor skala usaha berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi sebesar 5,040 dan faktor pelatihan akuntansi berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi sebesar 3,213. Adapun yang perlu dilakukan pelaku UMKM yaitu membuat laporan keuangan sebagai alat pengontrolan usaha sehingga UMKM semakin berkembang.

Keywords


Jenis Usaha, Pendidikan, Pengalaman Usaha, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Pelatihan Akuntansi,Skala Usaha, UMKM

Full Text:

PDF

References


Kuncoro, Mudrajad. 2007. Bisnis & Ekonomi, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Soemarso. 2009.Akuntansi Suatu Pengantar. Buku ke 2. Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, Thulus TH. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.