PERSEPSI PEMILIK RUMAH KOS TERHADAP PERATURAN DAERAH NOMOR 16 TAHUN 2010 TENTANG PAJAK DAERAH DI KELURAHAN KETAWANGGEDE,KOTA MALANG

Romelson Romelson

Abstract


Untuk menjalankan roda pemerintahan dan meningkatkan pembangunan daerah tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit dengan hanya mengandalkan penerimaan dari pemerintah pusat saja saat ini tidak cukup untuk menjalankan hal tersebut. Perlu sumber pendapatan lain yang mampu untuk menutupi biaya-biaya tersebut. metode yang peneliti gunakan metode kuantitatif, tujuan di adakan penelitian ini juga untuk mengetahui tingkat pemahaman pemilik Rumah Kos terhadap perarturan daerah nomor 16 tahun 2010 di Kelurahan Ketawanggede. Dalam meningkatkan pendapatan pajak dari rumah kos, maka sangat perlu untuk dilakukan peningkatan pelayanan pajak, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan persepsi baik yang dapat merubah kesadaran wajib pajak akan pentingnya membayar pajak.
Persepsi Pemilik Rumah Kos Tentang Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap penerimaan. Oleh karena itu, sangat perlu untuk dilakukan Peningkatan Pelayanan Pajak, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan persepsi baik yang dapat merubah kesadaran wajib pajak akan pentingnya membayar pajak, sistem pemungutan pajak kos yang diterapkan di kota malang merupakan sistem pemungutan self assesment system dimana wajib pajak diberi kewenangan dalam menentukan besarnya pajak yang terutang serta menyetorkan pajaknya kepada pihak yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Daerah Kota Malang, sedangkan Dinas Pendapatan kota Malang hanya bertindak sebagai pengawas terhadap wajib pajak.

Keywords


Pajak Kos, Persepsi, Pajak Daerah

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2001. MetodePenelitianSosial Format KuantitatifdanKualitatif. Surabaya: PenerbitAirlangga University.

Ghozali, Imam. 2011. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19: Edisi 5.Diponegoro :BadanPenerbitUniversitas.

Husaini, Usman, dkk. 2003. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.

Mardiasmo. 2009. PerpajakanEdidiRevisi2009 .Yogyakarta:CV. Andi Offset.

Nugroho, Agung. 2005. StrategiJitumemilihMetode statistic Penelitiandengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 6 Tahun 2006 tentangPenyelenggaraan Usaha Pemondokan

Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentangpajakDaerah.

Santoso, Singgih. 2001. BukuLatihan SPSS StatistisParametik. Jakarta:PT. Elex Media Komputindo.

Siahaan, MarihotPahala. 2006. Pajak Daerah danRetribusi Daerah.Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitianKuantitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triton.2005. TerapanRisetParametrik. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.