ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENGUKUR KENERJA KEUANGAN UKM FADHILAH (STUDI KASUS UKM ROTI FADHILAH KOTA MALANG)

Romlah Romlah

Abstract


Analisis kerja keuangan sebuah usaha digunakan sebagai suatu alat manajemen dalam merencanakan kebijakan terutama untuk meningkatkan kinerja keuangan.Perhitungan rasio keuangan terdiri dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas.Tujuan penelitian ini untukmenganalisiskenerja keuangan UKM Fadhilah dilihat dari analisis rasio likuiditas,rasio solvabilitas dan rasio aktivitas.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian menggunakan laporan keuangan UKM Roti Fadhilah Kota Malang periode 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah deskriptif dan rasio keuangan.
Hasil penelitian membuktikan kinerja keuangan UKM Roti Fadhilah Kota Malang dilihat dari tingkat likuiditas dinyatakan dalam keadaan baik, tingkat solvabilitas dinyatakan dalam keadaan baik dan tingkat aktivitas dinyatakan baik atau cukup tinggi. UKM di harapkan meningkatkan aktivitas yang bertujuan mengoptimalkan pertumbuhan laba, meningkatkan kemampuan pembayaran hutang (likuiditas dan solvabilitas), sehingga perusahaan tidak rentan terhadap kerugian.

Keywords


Kenerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Aktivitas

Full Text:

PDF

References


Dony, Rahardian Habibie.2007. “Analiasis Kenerja Keuanagan Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Rasio Pada PT BTN (Persero) Medan” dalamjurnal USU Reporsity c 2009.

Harmono, 2009. Manajemen keangan. Jakarta : bumi aksara.

Horne, J.C.V.2011. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 12 (diterjemahkan oleh Fitriasari, D & Kwary, D.A). Jakarta: Salemba Empat.

Imam, Amirullah. 2010. Pengantar Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Irvan, S. 2016. “Pengaruh Rasio Likuiditas dan Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2013”(Skripsi).Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Karmir. 2008. Analisis Lapoan Keuangan. Jakarta : PT raja granfindo ersada.

Kasmir. 2012.Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke-Empat. Yogyakarta: Liberty.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.