PENGARUH KEBERADAAN PASAR LANDUNGSARI TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA LANDUNG SARI (STUDI KASUS PADA PASAR DESA LANDUNGSARI, KEC. DAU, KAB. MALANG)

Soleman Lolo Muri

Abstract


Pasar tradisional menjadi pusat aktivitas ekonomi masyarakat, pasar tradisional telah mendorong tumbuh dan berkembangnya pemukiman masyarakat serta aktivitas sosial maupun ekonomi lainnya disekitar lokasi pasar tersebut. Pasar modern memiliki pro-kontra tersendiri di kalangan pelaku bisnis retail modern. Keberadaan pasar modern dalam suatu wilayah memiliki pengaruh tersendiri, salah satunya keberadaan pasar modern mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dibandingkan dengan pasar tradisional. Keberadaan pasar membuat konsumen akan mempertimbangkan jumlah konsumsi dan pengeluaran keuangan mereka. Hal tersebut tentu didasarkan pada tingkat pendapatan dan kebutuhan masyarakat serta perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern dari segi harga dan produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pasar Landungsari terhadap pendapatan masyarakat di Desa Landungsari Malang.
Penelitian dilakukan di Pasar Desa Landungsari, Malang, Jawa Timur. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling sebanyak 50 responden. Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji signifikansi dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pasar Landungsari Malang berpengaruh secara positif terhadap pendapatan masyarakat Desa landungsari (nilai thitung 3,071 > t¬tabel 2,016).

Keywords


Pasar, Harga, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Zaidin. 2010. Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II, Cetakan Ke-tigabelas. Yogyakarta: Liberty Offset.

Darmawan, T. 2002. Pertanian Mandiri. PT. Niaga Swadaya.

Ehrenberg, Ronald G., dan Smith, Robert S. 2003. Modern Labor Economics: Theorand Public Policy, Eight Edition. Pearson Education, Inc. New York City.

Fraenkel, J., Wallen, N. 2008. How to Design and Evaluate Research in the Education. New York: McGraw-Hill Higher Education

Fuad M, dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gilarso, T. 1992. Pengantar Ilmu Ekonomi Bagian Makro. Yogyakarta: Kanisius.

IB. Netra. 1974. Statistik Inferensial, Surabaya: Usaha Nasional.

Khairuddin. 2008. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ma’arif, Samsul. 2013. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Bandarjo Ungaran Kabupaten Semarang, Jawa Tengah” dalam jurnalEconomics Development Analysis Journal 2 (2).

Moh. Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007memuat tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Moderen.

Rosmawati, Eka. 2015. “Pengaruh Keberadaan Pasar Tradisional Terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradisional Prapatan” dalamJurnal Akuntansi STIE PERBANAS SURABAYA.

Santoso, Hasan. 1984. Komunikasi Kelompok. Jakarta: Balai Pustaka.

Sari, O.E.P. 2017. “Pengelolaan Aset Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Studi Pada Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang)”(Skripsi). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Soeratno.1996. Ekonomi Pertanian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soerjono, Soekanto. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Soerjono, Soekanto.1983. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press.

Soetomo. 2009. Pembangunan Masyarakat, Yogyakarta: Putra Pelajar.

Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Pratama.

Sumardi, M., dan H.D. Evers. 1982. Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Perilaku Menyimpang. Jakarta: CV. Rajawali Citra Press.

Sunuharjo, B. 2000. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: Raja Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.