KAJIAN STRATEGIS PERANAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BIDANG KULINER DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN YANG EFEKTIF STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN KECAMATAN BLIMBING

Tiara Tiara

Abstract


Perkembangan UMKM yang meningkat dari segi kuantitas (unit usaha) tersebut belum diimbangi oleh meratanya peningkatan kualitas UMKM. Permasalahan klasik yang dihadapi yaitu rendahnya produktivitas. Keadaan ini disebabkan oleh masalah internal yang dihadapi UMKM yaitu: rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) UMKM dalam manajemen, organisasi, penguasaan teknologi, dan pemasaran, lemahnya kewirausahaan dari para pelaku UMKM, dan terbatasnya akses UMKM terhadap. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatifyang bertujuanuntukmengukur data danmengevaluasi data yang ada. Analisi data yang digunakan adalah Mengumpulkan data-data yang diperlukan, Editing, Coding, Tabulating,Penegasan Kesimpulan.
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka disimpulkan bahwa:Strategi penerapan pencatatan keuangan pada UMKM bidang kulineryaitu mengikuti penyuluhan dari pihak pemerintah tentang pembuatan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan. Penerapan pencatatan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan berupa pembuatan laporan keuangan sebagai alat untuk mengontrol dan mengetahui untung atau rugi usaha.Kendala UMKM untuk menerapkan pencatatan laporan keuangan yaitu kurang pengetahuan tentang akuntansi dan jenis usaha makro sehingga menganggap informasi akuntansi belum dibutuhkan untuk mengaju usaha.

Keywords


Srategi UMKM, Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Andriani, dkk. 2014. “Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Sebuah Studi Intrepetatif Pada Peggy Salon)” dalam e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Bouazza, dkk, 2015. “Establishing the Factors Affecting the Growth of Small and Medium-sized Enterprises in Algeria” dalam American International Journal of Social Science Vol. 4, No. 2; April 2015.

Freddy, Rangkuti. 2006. Measuring Customer Satisfaction, (Teknik Mengukurdan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), serta Analisis PLN JP.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ferrel,O.C and D, Harline.2005. Marketing Strategy. South Western: ThomsonCorporation

Harahap, Sofyan Syafri. 2008, Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Indarti & Siregar, 2015. “Analisis Penerapan Akuntansi Dan Kesesuaiannya Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Pada Umkm Di Kecamatan Sukajadi Binaan Diskop &Umkm Kota Pekanbaru)” dalam Jurnal Akuntansi, Vol. 3, No. 2, April 2015 : 212 – 226.

Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta : Bentari Buana Murni.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Muchtar & Qamariah. 2017. “Internationalization Preparation of Small MediumEnterprises (SMEs) in Medan” dalam Journal of Management Research ISSN 1941-899X2017, Vol. 9, No. 4.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitaif, kualitatif, R&D). Bandung :Alfabeta.

Supardi.2005.Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta:UII Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Afabet.

Supardi.2005.Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta:UII Press.

Tsegba, dkk. 2015. “Determinants of Unethical Financial Reporting: A Study of the Views of Professional and Academic Accountants in Nigeria” dalam International Business Research Vol. 8, No. 6.

Widyastuti. 2017. “Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Standar AkuntansiKeuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bidang Jasa” dalamJournal for Business and Entrepreneur ISSN 2501-6682 Vol. 1 No. 1 July – December 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.