PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS SAK EMKM PADA UMKM AYAM BAKAR MOJOPAHIT

Valentinus Erik

Abstract


Laporan keuangan bertujuan menajikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja keuangan, serta laporan arus kas suatu entitas yang dapat bermanfaat bagi pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi oleh siapapun yang tidak dalam posisi dapat meminta laporan keuangan khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi tertentu. Laporan keuangan ini dibuat untuk UMKM yang belum menerapkan laporan keuaanagn yang berbasis SAK EMKM.
Metode penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif deskriftif. Penelitian dilakukan dengan tujuan menyusun laporan keuangan berbasis SAK EMKM dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam menyusun laporan keuangan. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawan cara dan dokumentasi. Hasil penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM yaitu posisi keuangan sebesar Rp 3.830.000, laporan laba rugi dengan laba sebesar Rp 3.830.000 dan laporan posisi keuangan.

Keywords


Penerapan, SAK EMKM

Full Text:

PDF

References


Harrison, Walter. T. Jr. et.al. 2012. Akuntansi Keuangan: International Financial Reporting Standars. Penerjemah Gina Gania. Jakarta: Erlangga.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2016. Standar Akuntansi Keuangan revisi 2016.Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.