ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN LABA USAHA DI UMKM (STUDI KASUS DI UMKM KERAJINAN KERAMIK ‘’SOEHARTO”)

Yudit Juana Sari Manehat

Abstract


Produk kerajinan keramik di Kota Malang diharapkan bisa bersaing di pasar domestik maupun internasional karena memiliki ciri khas, tetapi perdagangan bebas melalui ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dapat mengubah struktur pasar yang nanti memengaruhi daya saing dan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) keramik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran struktur pasar dan daya saing dalam meningkatkan kinerja UMKM kerajinan keramik di Kota Malang. Data yang dikumpulkan dari 30 pengrajin keramik di Dinoyo sebagai pusat produksi keramik di Kota Malang, dengan menggunakan kuesioner.
Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan model Generalized Structured Component Analysis dengan struktur pasar sebagai variabel eksogen, daya saing untuk variabel intervening, dan kinerja UMKM kerajinan keramik sebagai variabel endogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing dan kinerja kerajinan keramik di Kota Malang. Daya saing ini tidak memediasi pengaruh struktur pasar terhadap kinerja UMKM kerajinan keramik, tetapi secara signifikan berpengaruh langsung terhadap kinerja keramik di Kota Malang. Temuan ini mengindikasikan bahwa biaya produksi, kualitas, dan teknologi produksi adalah variabel-variabel daya saing yang berperan penting dalam meningkatkan kinerja UMKM kerajinan keramik.

Keywords


Kerajinan Keramik, Struktur Pasar, Daya Saing, Kinerja UMKM

Full Text:

PDF

References


Ambastha A, Momaya K. 2004. “Competitiveness of Firms: Review of Theory, Frameworks and Models. Singapore Management” dalamReview 1(26):45-61.

Moleong, Lexy J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.

Nasution. 1990. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung : Penerbit Tarsito.

Margono. 2004.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.