PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN BACHRI DARMO KOTA MALANG

Abdul Rahman Aba

Abstract


Struktur modal yang optimal merupakan perimbangan antara penggunaan modal sendiri dengan penggunaan pinjaman jangka panjang sehingga bisa mengoptimalkan kinerja keuangan. Kinerja keuangan sebagai gambaran prestasi yang dicapai perusahaan Bachri Darmo dalam kegiatan operasional yang diukur menggunakan aspek keuangan dan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Bachri Darmo Kota Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan yaitu dokumentasi menggunakan laporan keuangan Perusahaan Bachri Darmo Kota Malang dari tahun 2013 - 2017. Metode analisa data yang di gunakan yaitu Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa struktur modal menggunakan Debt Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan sebesar (4,606). Variabel Debt To Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan sebesar (3,837). Variabel Equity To Asset Ratio (EAR) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan sebesar (4,361). Adapun yang perlu dilakukan perusahaan yaitu menjaga kestabilan struktur modaluntuk meningkatkan kinerja keuangan yang lebih baik dengan membuat laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi sehingga mampu menentukan rasio keuangan sebagai gambaran kinerja usaha.

Keywords


Debt To Asset Ratio (DAR), Debt Equity Ratio (DER), Equity To Asset Ratio (EAR), Kinerja Keuangan, Return On Equity (ROE), Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2006. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Brealey. Et. al. 2008. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rohman, Afzal, Abdul. 2012. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan” dalam jurnal Akuntansi, Universitas Diponegoro, Volume 1, nomor 2, halaman 9.

Safrida, Eli. 2008. “Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI”, (Tesis). Universitas Sumatera Utara, Tesis, Medan.

Wijaya, Lihan Puspo Rini, dkk,. 2010. ”Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakkan Deviden terhadap Nilai Perusahaan” dalam Simposium nasional akuntansi XIII Purwokerto.

Hidayat, Riskin. 2010. “Keputusan Investasi dan Financial Constraints: Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia” dalam jurnal Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.